Bekerja dari rumah merupakan kebijakan berupa physical distancing yang dibuat pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut membuat banyak aktifitas pembelajaran dan peternakan berkurang.   

Namun demikian, BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) tetap berupaya untuk meningkatkan kapasitas peternak Mustahik dan pelaku usaha peternakan lainnya untuk  bisa meningkatkan kapasitas diri.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, BAZNAS mengadakan LPPM Class Online melalui platform google meet pada Jumat, (3/4/2020). Dihadiri oleh 44 peserta dari berbagai daerah di Indonesia kegiatan ini mengangkat tema “Efisiensi Biaya Produksi Ternak dengan Manajemen Kesehatan” . Materi disampaikan oleh Kepala LPPM BAZNAS, drh. Ajat Sudarjat dan didampingi oleh Supervisor Program, Muhamad Sirajatun Kurniawan.

Pemaparan Materi oleh drh. Ajat Sudarjat

Dalam pemaparan materi, Ajat menjelaskan bahwa dalam usaha peternakan sangat diperlukan melakukan efisiensi biaya produksi melalui manajemen kesehatan. Dengan menerapkan manajemen kesehatan yang baik pada usaha peternakan maka peternak dapat menghemat biaya produksi. Biaya penanganan kesehatan merupakan biaya paling kecil diantara biaya produksi ternak, yaitu sekitar 0,5-2,0 %.

“Adapun beberapa kerugian jika tidak menerapkan manajemen kesehatan yang baik mengakibatkan ternak menjadi sakit. Hal tersebut akan berdampak pada beberapa aspek yakni menurunkan produktivitas sekitar 50 – 95 %, mengacaukan target produksi 70 – 100 %, menularkan penyakit kepada ternak lainnya dan manusia dan merugikan secara ekonomi. Dalam manajemen kesehatan ternak, lebih baik melakukan pencegahan dari pada pengobatan," terangnya.

Salah satu peserta asal Majalengka, Dodiet  menanyakan terkait alternative obat-obatan dan vitamin alami (herbal) yang bisa digunakan  saat beternak domba secara organic. Ajat menjawab untuk obat herbal yang bisa digunakan seperti yang sudah banyak beredar obat herbal atau jamu, misal obat sakit mata bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, rebusan daun sirih, obat cacing, buah pinang.

Di akhir sesi Ajat juga mengatakan bahwa peternak sebaiknya melaksanakan protokol kesehatan pada ternak seperti memotong kuku hingga batas pertumbuhan kuku tiga bulan sekali, berikan antibiotika, dan multivitamin, berikan obat cacing sesuai dosis, dan setelah berada di kandang lebih dari satu bulan, terapkan manajemen kesehatan; manajemen pakan; pengobatan cacing rutin; vaksinasi rutin jika perlu; dan senantiasa melakukan monitoring atas kondisi ternak secara rutin.

Peserta lainnya, Lalan Ruslan, yang merupakan pekerja di Mekkah, Arab Saudi sangat tertarik mengikuti program kelas online ini. Ia mengaku bersyukur diberi kesempatan untuk belajar tentang peternakan lewat kelas online ini.

“Saya tertarik dengan program pelatihan online ini untuk mempersiapkan masadepan saya nanti kalau pulang kampung, "ujar Ruslan.

Berlangsung selama 2 jam, peserta BAZNAS Online Class Farming sangat antusias mengikuti kegiatan ini. BAZNAS berkomitmen kedepannya akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini setiap hari jumat sehingga lebih banyak lagi pelaku usaha yang dapat meningkatkan kapasitas sebagai peternak.

 

#SemestaKebajikanZakat

#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik

#PendayagunaanBAZNAS

#BAZNAS

www.baznas.go.id

www.lppm.baznas.go.id

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI)

 

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: layananmuzaki@baznas.or.id

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id