Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS menyelenggarakan Focus Group Discussion terkait Penerapan Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000 di Organisasi Pengelola Zakat, Kamis (25/11). Puskas BAZNAS bekerja sama dengan PEBS FEB UI untuk mengkaji lebih dalam terkait penerapan manajemen risiko di beberapa Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia.

Terdapat lima OPZ yang berpartisipasi dalam FGD ini yaitu BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, BAZNAS Kabupaten Musi Banyuasin, LAZ Solo Peduli Ummat, dan LAZ Rumah Zakat.

FGD ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan urgensi penerapan manajemen risiko di OPZ, mendapatkan gambaran penerapan manajemen risiko di OPZ, menggali kendala-kendala terkait implementasi manajemen risiko di OPZ, dan mengetahui strategi atau langkah-langkah persiapan OPZ dalam upaya mengimplentasikan manajemen risiko.

Para peserta diberikan waktu untuk memaparkan implementasi manajemen risiko pada masing-masing lembaganya. Setelah itu, diskusi dilanjutkan dengan elaborasi lebih jauh hasil pemaparan yang sebelumnya sudah dilakukan serta tanya jawab. Dari FGD ini diharapkan menjadi literasi dan panduan penerapan manajemen risiko yang dapat diimplementasikan di seluruh lapisan OPZ baik pada level kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait