Pada hari Kamis (11/11/2021), Puskas BAZNAS telah sukses menyelenggarakan Focus Group Discussion terkait Penerapan Manajemen Risiko Berbasis SNI ISO 31000 dalam Organisasi/Perusahaan. Dalam FGD ini Puskas BAZNAS bekerjasama dengan PEBS FEB UI untuk mengkaji lebih dalam terkait implementasi manajemen risiko di beberapa perusahaan/organisasi di Indonesia. Terdapat 3 perusahaan/organisasi yang berpartisipasi dalam FGD ini yaitu PT. PLN, CIMB Niaga Syariah dan Kitabisa.com.

Focus Group Discussion tersebut terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 14.00-15.10 WIB dengan narasumber dari manajemen risiko strategis dan keuangan PT. PLN. Sesi kedua dimulai pada pukul 15.15-16.20 WIB yang dihadiri oleh perwakilan CIMB Niaga Syariah, dan sesi terakhir dilaksanakan pada pukul 16.20-17.20 yang dihadiri oleh tim trust and safety Kitabisa.com.

Salah satu hal yang melatarbelakangi FGD ini adalah terbatasnya literatur dan kajian yang membahas secara teknis bagaimana panduan kerja manajemen risiko dalam lembaga zakat. Hal ini membuat manajemen risiko belum bisa diimplementasikan oleh Organisasi Pengelola Zakat. Sehingga hasil dari FGD ini diharapkan menghasilkan kerangka pedoman penerapan manajemen risiko di Organisasi Pengelola Zakat.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait