Pada hari Senin (30/08/2021), Puskas BAZNAS mengadakan diskusi perdana mengenai penulisan modul pembelajaran zakat dan wakaf secara daring bersama dengan pimpinan BAZNAS dan perwakilan dari UI, UIN, dan UNAIR. Tujuan dari diskusi perdana ini adalah untuk merumuskan konsep dan tujuan serta langkah pertama dalam pembuatan modul pembelajaran zakat dan wakaf. Rangkaian acara dimulai dengan pemaparan singkat mengenai konsep awal penulisan modul pembelajaran zakat wakaf oleh pimpinan BAZNAS RI, Nadratuzzaman Hosen, PhD dan Direktur Puskas BAZNAS, Dr. Muhammad Hasbi Zaenal.

Acara inti dari diskusi dimulai ketika sesi tanya jawab. Pada sesi ini, masing-masing dari narasumber yang hadir memberikan pendapat serta pandangannya masing-masing terkait arah penulisan buku modul pembelajaran zakat wakaf. Rahmatina, PhD dari UI menyatakan bahwa penulisan buku modul pembelajaran zakat wakaf menjadi penting sebab saat ini modul pembelajaran khususnya zakat dan wakaf masih minim. Beliau juga memberikan masukan mengenai perlu adanya penentuan target prioritas pembaca serta pembuatan roadmap pada rencana penulisan modul zakat dan wakaf. Lebih jauh, beliau menambahkan bahwa pembuatan buku modul pembelajaran zakat dan wakaf jangan berhenti pada penulisan buku saja, melainkan dilengkapi dengan materi-materi dalam bentuk power point.

Prof. M. Nur Rianto Al-Arif dari UIN menyatakan bahwa sebelum memulai menulis buku modul pembelajaran zakat wakaf, perlu dilakukan pembuatan Rencana Pembelajaran Semester atau RPS terlebih dahulu. Beliau menyatakan pula bahwa dalam buku modul pembelajaran zakat perlu dimasukkan materi mengenai fikih zakat dan wakaf karena mahasiswa cenderung lemah di aspek tersebut.

Narasumber selanjutnya ialah Prof. Raditya Sukmana dari UNAIR. Pada sesi diskusi Prof. Raditya memaparkan mengenai arah pembuatan buku modul pembelajaran zakat dan wakaf. Dalam paparannya, beliau menyatakan bahwa buku ajar menjadi lebih relevan untuk buku modul tersebut. Prof. Raditya juga menambahkan bahwa materi-materi yang sifatnya makro perlu juga dimasukkan ke dalam buku modul tersebut.

Sesi diskusi ditutup oleh pimpinan BAZNAS RI, Nadratuzzaman Hosen, PhD. Beliau memutuskan bahwa buku modul pembelajaran zakat wakaf akan berbentuk buku ajar dengan target prioritas pembaca adalah mahasiswa S-1.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id