Bertempat di Kantor Baznas Provinsi Maluku Utara, (2/7/19), Pusat Kajian Strategis BAZNAS mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi IZN dan kaji dampak zakat, serta melaporkan hasil implementasi indeks zakat Nasional untuk Provinsi Maluku Utara di Ternate. Pelatihan ini dihadiri pimpinan dan perwakilan BAZNAS se provinsi Maluku Utara.


Ketua Baznas Maluku Utara, H. Iskandar M Djae menyambut baik pengenalan pengisian IZN via aplikasi dan berharap baznas daerah untuk serius mempelajari IZN dan mengimplementasikan seluruh materi pelatihan di daerah masing-masing. Pelatihan diawali dengan presentasi tentang konsep dan implementasi indeks zakat nasional tahun 2018 di Maluku Utara oleh Irvan Maulana (Peneliti Senior Puskas BAZNAS). Berdasarkan hasil akhir, nilai IZN provinsi Maluku Utara berada pada level cukup baik. Hal ini menunjukkan secara umum kinerja BAZNAS wilayah Provinsi Bengkulu di level yang cukup baik, namun masih di bawah angka IZN tahun 2018. Kinerja dimensi mikro berada pada tingkat yang baik, namun kinerja dimensi makro masih berada di level yang tidak baik. Hal ini mengindikasikan bahwa kurangnya dukungan pemerintah daerah Maluku Utara terhadap pengelolaan zakat, baik dalam bentuk dukungan regulasi maupun dukungan anggaran, sehingga provinsi Maluku Utara kesulitan untuk menjalankan rencana strategis yang telah ditetapkan. Kemudian, perlu adanya penguatan database lembaga zakat, muzakki individu, dan muzakki badan. Selain itu, hal yang masih harus diperhatikan adalah kelengkapan data dari baznas kabupaten/ kota untuk menghindari kesalahan input data dan kesalahan pelaporan implementasi. Hal yang menarik adalah walaupun kurangnya dukungan pemerintah dari sisi regulasi dan anggran, BAZNAS wilayah Maluku bisa mengangkat angka indeks dimensi mikro pada level baik.

Sesi terakhir pelatihan disampaikan oleh Adhitya Kusuma Zaenardi (Peneliti Junior PUSKAS BAZNAS) tentang penggunaan aplikasi IZN untuk kemudahan input data indeks zakat nasional di tahun 2019. Aplikasi IZN telah dikembangkan sejak Januari 2019 dan dapat didownload di playstore kemudian dapat dengan mudah diisin dengan data yang telah disiapkan oleh peserta pelatihan. Selain itu, diperkenalkan juga aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh BAZNAS melalui divisi Monitor dan Evaluasi yaitu aplikasi sistem pendataan mustahik yang bisa digunakan untuk database mustahik secara keseluruhan. Cara pengisian aplikasi tersebut sama seperti pengisian data pada kaji dampak di aplikasi IZN. Diharapkan aplikasi IZN dapat mengurangi kesalahan pengisian data, sehingga indeks yang dihasilkan menggambarkan keadaan aktual.

 

Rep: Irvan - Puskas BAZNAS

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id