Pada hari Rabu, 22 Juli 2020 Puskas BAZNAS mengadakan pelatihan mengenai Implementasi Indeks Zakat Nasional (IZN) dan Indeks Kepatuhan Syariah untuk Organisasi Pengelola Zakat (IKSOPZ) di wilayah Kalimantan Barat. Pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan survey IZN dan IKSOPZ di wilayah Kalimantan Barat. Di tahun sebelumnya hanya ada 2 OPZ dari 15 OPZ yang berpartisipasi dalam survey IZN, harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan jumlah partisipasi OPZ yang dalam survey IZN dan IKSOPZ di wilayah Kalimantan Barat.

Pelatihan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk turun lapang secara langsung. Pelatihan secara resmi dibuka oleh sambutan dari Wakil Ketua BAZNAS Kalimantan Barat, Mr. Uray M. Amin. Diikuti dengan sambutan oleh Direktur Puskas BAZNAS, Dr. Muhammad Hazbi Zaenal. Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari kantor BAZNAS di wilayah Kalimantan Barat yaitu sekitar 15 kantor BAZNAS kota dan kabupaten.

Pelatihan mengenai Indeks Zakat Nasional disampaikan oleh Herlin, SE. Untuk pelatihan Indeks Kepatuhan Syariah OPZ disamaikan oleh Hidayaneu Farchatunnisa, SE. Penerapan mengenai survey ini akan berlangsung sejak Juli hingga pertengahan Agustus 2020.

 

Rep: Puskas BAZNAS

Terkait