Pada tanggal 9 Juni 2020 telah dilaksanakan seminar hasil buku Efektivitas Kampanye Zakat terhadap Brand Lembaga dan Pengumpulan Zakat via youtube BAZNAS TV. Seminar ini diawali dengan sambutan dari Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional, yaitu Muhammad Arifin Purwakananta serta Direktur Utama Pusat Kajian Strategis, Muhammad Hasbi Zaenal. Selanjutnya pemaparan hasil buku disampaikan oleh Ali Chamani Al Anshory dengan pembawa acara Siti Maulida Adhiningsih.

Kajian ini menggunakan survei untuk mengobservasi pandangan masyarakat terhadap kampanye dan brand dari BAZNAS. Survei ini dilakukan di lima domisili yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Responden berjumlah 395 dan dipilih dengan metode purposive sampling berdasarkan umur generasi milenial dan non milenial, serta klasifikasi pekerjaan yang secara umum terdapat di lima wilayah tersebut, yaitu akademisi, Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai swasta, wirausaha, dan ibu rumah tangga. Survei ini dianalisa secara deskriptif kemudian datanya diolah dengan uji regresi untuk melihat hubungan linear antara variabel yang diteliti, yaitu kampanye zakat, brand awareness, brand image dan keputusan berzakat.

Kesimpulan dan rekomendasi didiskusikan pada akhir seminar ini. Perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan lembaga zakat adalah mengintensifikasikan kampanye dengan konten kreatif dan informatif yang diperlukan masyarakat dan juga disampaikan dengan media yang menjadi referensi utama agar bisa tersebar lebih luas.

 

Rep: Puskas BAZNAS