Indonesia telah dinyatakan secara resmi menjadi Negara ke-65 yang terdampak wabah Covid-19. Dalam kurun waktu kurang satu bulan, per 30/03/2020 telah terkonfirmasi 1.414 positif, 75 orang sembuh, dan 122 meninggal. Hal ini tentu menjadi perhatian yang serius. Pemerintah juga telah menghimbau kepada masyarakat agar melakukan social distancing dan melakukan aktivitas di rumah. Himbauan tersebut disambut positif, namun masih ada beberapa kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti himbauan tersebut. Mereka adalah orang-orang yang harus bekerja ke luar demi bertahan hidup sehari-hari, atau masuk dalam golongan masyarakat dengan pendapatan rentan.

Kaitannya dengan kondisi tersebut, pada Senin 30 Maret 2020, BAZNAS menggelar diskusi daring dengan mengangkat tema “Dampak Covid-19 terhadap Pekerja Rentan dan Upaya Menjaga Usaha Mikro Mustahik”. Ini merupakan respon atas penyebaran wabah Covid-19 yang terus meluas dan mengantisipasi dampak terhadap mustahik.

Diksusi daring ini ditayangkan secara live streaming melalui channel youtube BAZNAS TV dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Irfan Syauqi Beik - Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI dan Dr. Muhammad Hasbi Zaenal - Direktur Pusat Kajian Strategis BAZNAS RI serta dimoderatori oleh Miqdam Hashri - Senior Officer Bidang Dakwah dan Advokasi BAZNAS RI.  

Dalam diskusi tersebut, Dr. Irfan Syauqi Beik memaparkan tentang langkah-langkah dalam upaya menjaga usaha mikro mustahik. Ada lima hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Edukasi kepada mustahik pelaku usaha mikro, baik edukasi mengenai covid-19 agar tidak terjebak hoax serta edukasi dalam hal produk yang harus sesuai dengan nilai Islam, yaitu halal dan thayyib. Kedua, memperkuat kampanye atau promosi produk barang dan jasa mustahik. Ketiga, memperkuat ekosistem bisnis mustahik. Keempat, mendorong pemasaran produk-produk mustahik. Dan kelima, advokasi pemerintah melalui stimulus kebijakan yang berpihak kepada mustahik. Dalam mengatasi dampak terhadap kaum rentan, BAZNAS telah memulai program cash for work, yaitu memberdayakan komunitas pekerja rentan untuk dapat aktif dalam kegiatan-kegiatan aksi penanggulagan penyebaran covid-19 seperti membersihkan tempat-tempat keramaian, dsb.

Sementara, Dr. Muhammad Hasbi Zaenal memaparkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Misalnya dari perspektif ekonomi makro. Hampir semua negara terdampak covid-19 saat ini mengalami koreksi pertumbuhan ekonomi di bawah target. Khusus untuk Indonesia, kaitannya dengan kelompok pekerja rentan, beberapa hal perlu menjadi prioritas pemerintah. Pertama, daya beli turun akibat terdampaknya faktor supply (penawaran/produksi) dan demand (permintaan/konsumsi), hal ini menyebabkan banyak para pekerja harian yang tidak bekerja karena perusahaannya libur. Kedua, efek dari daya beli masyarakat turun tersebut berimbas pula ke omzet usaha mikro seperti pedagang keliling, warung-warung kecil, dan warteg, semuanya menjadi turun, lantaran masyarakat takut ke luar rumah atau ke belanja ke warung-warung. Ketiga harga barang-barang kebutuhan seperti sembako akan menjadi naik. Dari sisi supply, ini karena banyak perusahaan yang mengurangi produksinya dan dari sisi demand karena banyaknya permintaan masyarakat terhadap barang-barang kebutuhan pokok akibat kebijakan social distancing atau karantina wilayah. Ditambah, ada sebagian masyarakat yang panic puying dengan membeli kebutuhan pokok dengan jumlah yang besar.

Diskusi ini juga mengajak memberi kesempatan pemirsa BAZNAS TV untuk mengirimkan pertanyaan yang dibacakan pada akhir sesi. Pemirsa antusias menyimak dan beberapa mengirimkan pertanyaan. Dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab oleh para narasumber.

Mudah-mudahan diskusi daring ini dapat memberikan manfaat dan penjelasan kepada masyarakat serta dapat memberikan saran masukan bagi pemangku kebijakan dalam menyikapi dampak penyebaran wabah covid-19.

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id