Tidak terasa kini sudah memasuki bulan Sya'ban, sebentar lagi akan datang bulan penuh dengan berkah yakni bulan Ramadhan.

Pada pengajian mingguan mualaf Otobasa pada Jumat (19/3), Da'i Mualaf Center BAZNAS, Ustaz Asep Ma’sum menyampaikan materi mengenai persiapan menghadapi bulan Ramadhan dengan tujuan agar para mualaf memiliki kekuatan sehingga dimudahkan dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kajian ini dilaksanakan di Masjid Jabal Nur Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. dan dihadiri 19 orang mualaf dari kalangan bapak bapak dan ibu-ibu. Kajian dimulai dengan membaca Surah Al-Fatihah dan mengulang hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur'an.

Dalam tausyiahnya Ustadz Asep menyampaikan 4 (empat) perkara yang mesti disiapkan dalam menyambut datangannya bulan suci Ramadhan.

“Setidaknya ada 4 (empat) perkara yg mesti disiapkan oleh kita sebagai muslim dalam menyambut datangannya bulan Ramadhan 1). Iman, 2). Ilmu, 3). Latihan Beramal, dan 4) Doa.” Ujar Ustadz Asep.

“Yakin dengan sebenar-benarnya bahwa puasa merupakan kewajiban pribadi  seorang muslim yg harus ditunaikan sebagaimana dalam Q.S Al-Baqoroh Ayat 183 dan yakin bahwa dengan puasa akan mendatangkan manfaat dan keberkahan dalam kehidupan.” Lanjutnya.

“Kemudian kita harus mempersiapkan ilmu tentang puasa, agar menambah kualitas puasa. Selanjutnya latihan beramal, dengan membiasakan diri beramal seperti puasa sunnah atau membaca Al  - Qur'an, dan yang terakhir adalah berdoa agar umur kita disampaikan pada bulan Ramadhan, karena tidak sedikit orang yang meninggal sebelum bulan Ramadhan". Pungkas Ustadz Asep.

Pada akhir sesi kajian seperti biasa dibuka sesi tanya jawab agar menambah wawasan pengetahuan para mualaf. Diantaranya ada pertanyaan dari salah satu peserta yaitu Ibu Anui yang menanyakan perihal hukumnya orang yang berpuasa tetapi tidak Sholat.

“Pak Ustaz bagaimana hukumnya orang yang berpuasa tetapi tidak Sholat?” Tanya Anui.

“Apabila di bulan Ramadhan dia puasa tetapi tidak sholat maka: 1). Puasanya tetap sah secara hukum apabila puasanya tuntas dari Shubuh sampai Magrib. 2). Dia berdosa besar karena meninggalkan Sholat. 3). Sholat harus tetap dilaksanakan karena sholat merupakan pokok amal dan yang akan pertama kali dihisab adalah sholat. Selain itu orang yang puasa tetapi tidak sholat khawati puasanya hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja sedangkan pahala puasanya tidak dapat bahkan terhapus berguguran.” Jawab Ustadz Asep.

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id