Lembaga Beasiswa BAZNAS bekerja sama dengan Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Parigi Moutong melaksanakan sosialisasi dan praktik Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah dampingan BAZNAS dan Unilever di SDN 21 Sindue, Kecamatan Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (22/2).

Turut hadir langsung pada sosialisasi dan praktik PHBS yaitu Dokter Kaslan, Bidan Amelia, dan Perawat Muhamad Fazbir.

Sosialisasi berlangsung selama 6 jam mulai pukul 08.00-14.00 WITA dan diikuti 45 peserta siswa-siswi SDN 21 Sindue, 8 guru, 5 orang tua siswa, dan pendamping sekolah. Semua peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi telah menerapkan protokol yang ketat, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh, dan menjaga jarak selama berkegiatan.

Rangkaian kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan Penyuluhan 8 indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah, Praktik Cuci tangan yang baik dan benar, Pengukuran Status Gizi, Praktik pemilahan sampah, dan Praktik pemberantasan jentik nyamuk.

"Setiap sekolah dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan apalagi di tengah pandemi seperti ini, untuk itu pemahaman tentang pilar-pilar PHBS sangat penting diterapkan sejak dini," kat Dokter Kaslan.

Setelah pemaparan materi oleh Dokter Kaslan, dilanjutkan dengan pengaplikasian materi di lapangan yang dibawakan Perawat Fazbir dan Bidan Amelia. Kegiatan selanjutnya ialah pemanduan pengisian raport kesehatan untuk siswa-siswi SDN 21 Sindue, para guru, dan pendamping sekolah BAZNAS, lalu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat untuk para pemateri.

Sosialisasi diakhiri dengan pemilihan dan penyelempangan dokter cilik SDN 21 Sindue atas nama Farid siswa kelas 4 dan Nurmayanti siswi kelas 6. Para dokter cilik ini diharapkan dapat menjadi contoh atau teladan bagi teman-temannya yang ada di lingkungan sekolah untuk tetap menerapkan dan berperilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi dan praktik PHBS ini, semua warga Sekolah SDN 21 Sindue dapat meningkatkan kesadaran untuk menjalankan hidup bersih dan sehat. Selain itu juga mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup yang bersih, dan semoga cita-cita untuk menjadi percontohan sekolah bersih dan sehat bagi sekolah yang ada di sekitarnya dapat terwujud.

-------------------------------------
Yuk berdonasi ( Zakat , Infaq, dan Sedekah )
dengan menghubungi
Contact center BAZNAS
WhatsApp: 087877373555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Dompet Pendidikan BAZNAS
Bank Mandiri 1220.000.881.881
BNI Syariah 928.407.773
a.n. BAZNAS

#ZakatUntukPendidikan
#SemestaKebajikanZakat

Semesta Kebajikan Zakat !