Alya Anjelina Sembiring, Cendekia BAZNAS IAIN Padangsidimpuan membangun layanan Rumah Belajar di Desa Janji Mauli Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Rumah Belajar adalah wadah belajar untuk adik-adik peserta didik di bangku SD yang memiliki keterbatasan belajar di rumah karena adanya faktor yang melatarbelakangi, sehingga terhambat dalam belajar.

Di wadah pembelajaran ini, adik-adik tidak hanya dituntut meningkatkan akademik, namun mereka diajarkan terkait emotional intelligent dan mengutamakan sopan santun.

“Awal mulanya, saya melihat adanya permasalahan yang dihadapi adik-adik karena mereka memiliki keterbatasan belajar di rumah karena adanya faktor yang melatarbelakangi, padahal di masa pandemi ini mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah. Pandemi memberi kesempatan untuk saya selain mengikuti perkuliahan secara online, saya juga memiliki kesempatan untuk belajar dengan adik-adik”, ujar Alya.

Selain aktif di Rumah Belajar, Alya juga sangat aktif di berbagai organisasi dan kerelawanan lainnya, di antaranya anggota Forum Mahasiswa Haus Ilmu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, anggota Creative English and Arabic Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Penerima Beasiswa BAZNAS IAIN Padangsidimpuan, Volunteer pada Komunitas Gerakan Amal Cepat Kota Padangsidimpuan, Relawan Indonesia Tersenyum, Relawan Gerakan Mahasiswa Melek Sekitar yang diselenggarakan oleh Pramuka Sekar Kalpavriksha Universitas Indonesia, Relawan Indonesia Tersenyum, terpilih sebagai Delegasi Ekspedisi Lingkar Toba di Danau Toba, Maret 2021, terpilih sebagai Delegasi Ekspedisi Merekat Adat Lombok, Maret 2021, dan terpilih sebagai Delegasi pada Volunteering Changemaker International, Malaysia Agustus 2021.

“Harapan terbesar saya yaitu saya ingin menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang lain karena hakikat kebahagian adalah ketika saya memberikan kebahagian kepada orang lain dengan tetap berupaya mengolah rumah belajar. Insyaallah harapan terdekat yang saya harus peroleh yaitu adik-adik yang saya bina dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Dan, pembinaan yang diberikan LBB terhadap saya memberikan dampak yang besar dalam kehidupan, saya merasa dengan saya menjadi salah satu BCB menjadikan pribadi yang terus berproses dan terus belajar," pungkas Alya.

 

 

Terkait

  • Lainnya

  • Bayar Zakat

DAFTAR REKENING ZAKAT BAZNAS

BRI Syariah 1000783214
BNI Syariah 0095555554
Bank Muamalat 3010070753
BSM 7001325498
BCA 6860148755
Bank Mandiri 0700001855555
CIMB Niaga Syariah 860000148800
Bank Mega Syariah 1000015559

an. BAZNAS

Untuk informasi daftar rekening lainnya, silahkan klik baznas.go.id/rekening

Atau melalui layanan zakat digital BAZNAS
1⃣ Website : baznas.go.id/bayarzakat
2⃣ Kitabisa : kitabisa.com/baznas
3⃣ Tokopedia : bit.ly/zakat-tokopedia
4⃣ Bukalapak : bit.ly/zakat-bukalapak
5⃣ Shopee : bit.ly/shopee-baznas

Konfirmasikan bukti transfer zakat dan infak Anda melalui:

Contact Centre BAZNAS
Whatsapp: +6287877373555
Telf: +62 21- 3904555
Email: [email protected]

Atau klik link :
bit.ly/KonfirmasiZakatBAZNAS

#ZakatTumbuhBermanfaat
http://baznas.go.id