Tumbuh-kembangnya usaha mikro menjadi salah satu tujuan BAZNAS Microfinance Desa, termasuk yang di Lampaseh Kota, dalam mendampingi mitra mustahik pelaku usaha mikro. Selain memberikan fasilitasi kemudahan modal usaha tanpa bunga, BMD Lampaseh Kota juga memberikan layanan pengembangan usaha bagi mitra mustahik seperti pelatihan, fasilitasi pemasaran, legalitas usaha dan lain sebagainya.

Salah satu pendampingan yang dilakukan Tim BMD Lampaseh Kota adalah mendampingi mitra mustahik untuk pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), pada Selasa (8/6). Saat ini sebanyak 90 mitra mustahik telah memiliki NIB.

Manajer BMD Lampaseh Kota, Anisa, menjelaskan fasilitasi pembuatan NIB/IUMK ini dilakukan untuk membantu usaha mikro mitra-mitra BMD Lampaseh Kota agar bisa terus mengembangkan dan memperbaiki kualitas serta pemasaran produknya sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dan mekanisme pasar yang ada.

"Legalitas usaha merupakan hal yang penting bagi usaha mikro untuk tumbuh berkembang, karena dengan legalitas pelaku usaha dapat membangun jaringan usaha secara lebih luas dan telah memenuhi regulasi yang ada. Sementara pengurusan legalitas usaha mensyaratkan adanya NIB. Lebih dati itu, NIB juga sangat penting dalam membuka akses secara lebih luas terhadap program pemerintah maupun swasta dan para pihak terkait," jelas Anisa.

#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
#BAZNASMicrofinance
#BMDLampasehKota