Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan Halal Bihalal dan Sosialisasi BAZNAS Goes To Campus kepada 83 kampus mitra Beasiswa Cendekia BAZNAS di seluruh Indonesia, Kamis (10/6). Kegiatan ini merupakan penguatan silaturahim sekaligus pengenolan peluang kerja sama pengembangan program strategis bersama kampus. Kegiatan berlangsung daring dan dihadiri dua pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan serta M. Nadratuzzaman Hosen, Wahyu T.T. Kuncahyo (Plt. Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan), Ahmad Fikri (Kepala Divisi Pendistribusian), Sri Nurhidayah (Kepala LBB), dan 100 perwakilan kemahasiswaan dan mentor mitra Beasiswa Cendekia BAZNAS.

Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS, Sri Nurhidayah menyampaikan apresiasi terbaik atas pendampingan para mentor yang berjalan hampir satu tahun. Pendampingan yang diberikan telah mendorong setiap peserta beasiswa terus berkembang sesuai dengan potensi diri. Hingga Juni 2021 ini, sebanyak 403 prestasi yang telah diraih peserta beasiswa, 940 organisasi yang menjadi tempat berkiprah dan berkontribusi, dan 168 peserta yang tengah merintis usaha. Capaian terebut merupakan bagian besar dari kontribusi para mentor selama membina.

Saidah Sakwan dalam sambutannya menyebut bakal menambah jumlah peserta beasiswa agar lebih banyak lagi penerima manfaatnya. Sebagaimana visi BAZNAS menjadi lembaga utama menyejahterakan umat, maka semakin banyak mahasiswa yang dibantu adalah indikator yang penting.

Dalam sesi paparan, Nadratuzzaman memberikan pandangannya dan membuka peluang bagi para kampus mitra dalam program BAZNAS Goes To Campus (BGTC). BGTC adalah program kolaborasi antara BAZNAS dan kampus dalam beberapa hal, di antaranya penyiapan amil muda profesional yang bisa dioptimalkan sejak mahasiswa, kolaborasi program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan KKN, pelatihan jurnalis zakat, magang, sertifikasi profesi amil, hingga pendirian UPZ di tingkat kampus.

BAZNAS membuka seluas-luasnya program kolaborasi, dengan harapan semakin banyak manfaat yang diberikan oleh gerakan zakat. Kampus dapat mengirimkan permohonan kerja sama kepada kampus terkait program yang akan dikolaborasikan. Kolaborasi dengan kampus bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan angka literasi masyarakat terhadap zakat, tidak saja tentang sudut pandang literatur fikih, tetapi juga dari sisi regulasi dan kelembagaan di Indonesia.

Selain sosialisasi program, di kesempatan yang sama juga disampaikan laporan hasil capaian para peserta beasiswa dalam bentuk Indeks Capaian Beasiswa (ICB). ICB adalah nilai capaian setiap peserta yang diukur dari 8 indikator, yaitu keteladanan, pergerakan, pengaruh, kemandirian, kemampuan, inovatif, problem solving, dan optimalisasi kategori beasiswa.

 

-------------------------------------
Yuk berdonasi
(Zakat , Infaq, dan Sedekah)
dengan menghubungi
Contact center BAZNAS
WhatsApp: 087877373555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Dompet Pendidikan BAZNAS
Bank Mandiri 1220.000.881.881
BNI Syariah 928.407.773
a.n. BAZNAS

#ZakatUntukPendidikan
#SemestaKebajikanZakat

Semesta Kebajikan Zakat !