Hari Raya Kurban merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS. Pasalnya, bakal ada ada peningkatan permintaan ternak untuk memenuhi kebutuhan kurban baik untuk kurban BAZNAS maupun permintaan konsumen lokal.

Tidak ingin melewatkan momen kurban ini tanpa persiapan yang baik, peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Pidie Jaya telah mempersiapkan ternak domba yang berkualitas setahun terakhir melalui program penggemukan dan pembiakan. Selain itu agar ternak mencapai bobot yang sesuai kriteria, peternak mustahik persiapkan stok pakan yang cukup dan bernutrisi bagi ternak. Salah satunya melalui produksi pakan silase sebanyak 1,8 ton pada Minggu (6/6).

Adapun jenis pakan silase yang diproduksi adalah daun dan tabon jagung hasil limbah panen budidaya jagung dari unit usaha integrated farming Balai Ternak BAZNAS Pidie Jaya sebelumnya. Limbah dari lahan jagung dikumpulkan untuk kemudian diolah digudang pakan menjadi pakan silase.

Pakan silase menjadi pilihan pakan yang dipersiapkan untuk kurban karena diproses dengan fermentasi sehingga dapat disimpan hingga 2 bulan ke depan saat hari raya kurban. Selain itu pakan silase dari tabon jagung ini memiliki banyak manfaat dalam peningkatan bobot ternak.

#BalaiTernakBAZNAS
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMensejahteraanUmat
#SemestaKebajikanZakat