Balai Ternak BAZNAS yang diberdayakan oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPEM) dalam menjalankan usaha peternakan memiliki SOP teknis pemeliharaan, bagi ternak yang sudah berada di kandang maupun yang baru didatangkan melalui jual beli ternak.

Salah satu SOP pemeliharaan bagi ternak yang baru datang yaitu memberikan vitamin dan obat cacing. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan energi dari ternak dan menjauhkan ternak dari penyakit cacingan. Pemberian vitamin dan obat cacing ini dilakukan mulai dari awal ternak masuk ke kandang dan secara rutin setiap bulannya.

Seperti yang dilakukan oleh peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Purwakarta yang berada di Desa Legokhuni, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta yang sedang didampingi oleh pendamping program terkait teknis pemeliharaan ternak dengan melakukan pemberian obat cacing secara oral dan vitamin melalui suntik.

Pendamping program Balai Ternak Purwakarta, Sigit, mengharapkan untuk ke depannya peternak bisa secara mandiri menerapkan SOP pemeliharaan serta memberikan efek yang bagus kepada ternak serta memberikan dampak program secara ekonomi kepada peternak.

Selain memberikan pendampingan ilmu teknis ini, BAZNAS juga turut memberikan fasilitas obat ternak melalui pengadaan obat yang lengkap sebagai fasilitas dasar teknik budi daya ternak.

Hingga Februari 2021 ini Balai Ternak BAZNAS Purwakarta telah mengelola sebanyak 235 ekor ternak domba yang tersebar di kandang individu dan koloni.


#BalaiTernakBAZNAS
#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#GerakanCintaZakat