Indeks Pendayagunaan Zakat (IPZ) merupakan salat satu alat yang digunakan pada program pendayagunaan zakat sebagai penguat alat ukur lainnya seperti Indeks Desa Zakat (IDZ). IPZ ini menjadi alat ukur untuk menilai dampak dari program pendayagunaan zakat yang dapat menangkap perkembangan yang dicapai oleh mustahik dengan adanya program pendayagunaan zakat.

Balai Ternak sebagai salah satu program pendayagunaan zakat menjadi program yang menggunakan alat ukur IPZ untuk melihat sejauh mana program dirasakan oleh mustahik. Dalam mendukung dan memudahkan pengukuran IPZ di lapangan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) memberikan pembekalan kepada pendamping Program Balai Ternak BAZNAS terhadap teknis pengukuran IPZ.

Pelatihan pengukuran IPZ disampaikan Manajer Ekonomi II BAZNAS, Priyesta Rizkiningsih pada rapat koordinasi nasional bulanan Balai Ternak BAZNAS, pada Senin (22/2). Agenda ini merupakan salah satu rutinitas bulanan yang dilakukan LPPM BAZNAS dalam rangka mengevaluasi perkembangan program dan penguatan program ke depannya pada masing-masing wilayah, meningkatkan kapasitas pendamping melalui materi-materi pendukung, dan meningkatkan silaturahmi antar Balai Ternak.

Dalam pemaparannya Priyesta menyampaikan bahwa pengukuran IPZ ini sangat penting dilakukan pada program Balai Ternak BAZNAS minimal dilakukan setelah 6 bulan program berjalan karena programnya merupakan sebuah proses.

Selain itu, IPZ ini juga tidak hanya mengukur perubahan mustahik dari sisi ekonomi tetapi juga dari sisi lainnya seperti aspek sosial, budaya, ekonomi, dakwah, dan lingkungan. Diharapkan, dengan dampak perubahan yang positif pada mustahik pada berbagai sisi, maka ketika bantuan zakat telah selesai diberikan mustahik tetap dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Mulai dari akses modal, akses pasar, pendampingan, dan hasil dari usaha yang dilakukan.

Priyesta juga menambahkan bahwa Cara penghitungan nilai IPZ menggunakan metode multi-stage weighted index. Penghitungan harus dilakukan secara prosedural dimulai dari mengukur indeks variabel untuk mengetahui nilai indeks masing-masing indikator yang nantinya akan menghasilkan nilai Indeks Pendayagunaan Zakat. Secara teknis nanti pendamping melakukan wawancara kepada mustahik kemudian dimasukkan ke dalam dashboard.

#BalaiTernakBAZNAS
#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#GerakanCintaZakat