Balai Ternak BAZNAS Maros merupakan salah satu unit pemberdayaan peternakan yang memberdayakan peternak mustahik melalui kelompok usaha peternakan sapi. Balai Ternak yang diresmikan pada 25 Juni 2020 telah memiliki 2 kelompok peternak yaitu Julu Baji dan Abbulo Sibatang yang menjalankan usaha penggemukan dan pembiakan sapi potong.

Dalam mencukupi kebutuhan pakan pada sapi yang dikembangkan pada tahun 2021, BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPEM) mendirikan Bank Pakan sebagai salah satu fasilitas sarana peternakan yang bisa dimanfaatkan oleh peternak dalam mengolah pakan, menyimpan pakan, dan penjualan pakan.

Bank Pakan yang terletak di Kelurahan Raya, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros telah melakukan aktivitas produksi pakan sendiri seperti terlihat pada Sabtu (13/2). Beberapa peternak mustahik mengolah pakan silase dari jerami padi. Hal ini dilakukan untjk persiapan stok pakan dimusim paceklik.

Tidak hanya memfasilitasi peternak mustahik dalam mengolah pakan, BAZNAS juga terus berikan pendampingan teknis seperti pelatihan pengolahan pakan silase ini. Zaenal selaku pendamping program Balai Ternak Maros mengharapkan dapat mengolah limbah pertanian sehingga mampu melakukan efisiensi harga pakan yang cukup besar menjadi lebih hemat.

#BalaiTernakBAZNAS
#BAZNAS
#PilihanPertamaPembayarZakat
#LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#GerakanCintaZakat