Kekeringan dan minimnya air bersih saat ini seakan menjadi momok yang menakutkan, karena pada dasarnya kebutuhan air bersih dan akses sanitasi merupakan kebutuhan yang sangat utama bagi masyarakat.

Untuk mengantisipasi adanya hal tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga ZCD melakukan program pipanisasi dengan memasang pipa saluran air dari sumber mata air ke permukiman warga Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Sabtu (6/2).

Sahabat ZCD bersama Ketua kelompok dan seorang mustahik binaan, Farojin yang merupakan salah satu dari 4 orang tukang yang dipercaya oleh masyarakat melakukan gotong royong pelaksanaan program pipanisasi. Saat ini telah dibangun 2 sudut bangunan intake dan pipa pengurasan, serta pipa dasar dari intake yang menuju ke pemukiman.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pemasangan batu untuk menyatukan ketiga sisi intake tersebut dan konstruksi ini akan diakhiri dengan pengecoran lantai/dasar yanng menjadi bendungan air.

Sahabat ZCD terus berkoordinasi dengan Dusun Otobasa, panitia pelaksana, dan warga penerima manfaat untuk membahas evaluasi proses pelaksanaan di lapangan sebagai feedback modal sosial masyarakat yang sebelumnya telah berkomitmen dalam mensukseskan program di lapangan.

"Adanya program pipanisasi ini insya Allah akan sangat membantu kebutuhan warga Dusun Otobasa akan kebutuhan air bersih," tutur Sahabat ZCD, Ramjani.

#ZakatCommunityDevelopment
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat