Sebanyak tiga anggota Kelompok Tani Makmur dan Kelompok Tani Bina Mandiri binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS mengunjungi tempat penggilingan padi modern Haji Uki di Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, Jawa Barat, Senin (11/1).

Pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Agus mengungkapkan bahwa pendampingan kali ini merupakan pembelajaran secara langsung dengan mengunjungi lokasi penggilingan padi modern yang tidak jauh dari lokasi petani binaan. Selain itu, ini bertujuan mendorong semangat petani dalam pengembangan budi daya padi dari hulu ke hilir. Kunjungan ini diikuti oleh perwakilan dari tiap kelompok yakni, Husen, Ade, dan Acep (55th) serta didampingi oleh pendamping Lumbung Pangan BAZNAS.

 

Pemilik penggilingan menyambut baik kedatangan perwakilan petani binaan BAZNAS. Saat kunjungan, mereka diajak mengelilingi setiap sudut oleh manajer penggilingan Haji Uki ke seluruh area penggilingan. Semua alat telah menggunakan mesin berskala menengah terutama pada saat proses penyortiran beras sesuai kualitas dari premium, medium biasa secara cepat dan skala besar.

"Alhamduillah telah terlaksana kunjungan ke lokasi penggilingan padi modern dan ini merupakan satu-satunya tempat penggilingan padi menggunakan teknologi modern di Kecamatan Cilamaya Wetan." ujar salah satu petani.

Diharapkan dengan adanya kunjungan petani ke penggilingan modern, seluruh petani binaan BAZNAS di Karawang mampu bekerja sama dalam proses pengolahan gabah pasca panen dan mampu membentuk penggilingan mandiri dengan pengelolaan profesional, sehingga menghasilkan nilai jual yang tinggi.

#BAZNAS
#LPEM
#LumbungPangan
#SemestaKebajikanZakat