Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) mengadakan pelatihan tanggap bencana di Sumatera Utara. Acara itu turut melibatkan perwakilan dari kota/kabupaten yang ada di wilayah Sumatera Utara.

Acara tersebut bertajuk Pelatihan Manajemen Dasar Tingkat Dasar Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Desember 2020 di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan.

Acara itu diikuti 40 peserta yang merupakan relawan yang siap diterjunkan ke lapangan jika bencana melanda, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Namun, nantinya relawan juga diharapkan siap diterjunkan di berbagai medan dan siap sedia kapanpun diperlukan.

Narasumber yang memberikan materi pelatihan terdiri dari berbagai stakeholder seperti BPBD, Basarnas, PMI tingkat provinsi, dan BAZNAS Tanggap Bencana Pusat. Materi-materi yang diberikan seperti pengetahuan manajemen bencana, pertolongan pertama kepada korban, dan menentukan respon yang akan dilakukan.

Harapannya adalah relawan BAZNAS Tanggap Bencana Sumatera Utara dapat menjadi sebagai salah satu potensi stakeholder penanggulangan bencana di Indonesia.