Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS terus berupaya mendampingi mustahik binaan dan pelaku usaha baik secara offline maupun online melalui siaran langsung channel BAZNAS TV. Salah satu kegiatan pendampingan secara online yang dilakukan LPEM BAZNAS adalah melalui program UMKM Class Online BAZNAS. Program ini menyajikan berbagai macam pengembangan usaha dimulai dari potensi usaha hingga pengurusan perizinan usaha dan sertifikasi halal.

Pada Jumat (20/11/2020), LPEM BAZNAS melaksanakan kegiatan UMKM Class Online dengan tema strategi mendapatkan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makanan Dalam (MD) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bersama Dra. Siti Elyani, Apt., M.K.M. selaku Kepala Subdirektorat Registrasi Pangan Olahan Risiko Tinggi BPOM, yang  disiarkan langsung melalui kanal Youtube BAZNAS TV.

Dalam penyampaiannya, Ely menjelaskan beberapa hal diantaranya adalah definisi pangan segar, olahan dan jenis perizinan yang dibutuhkan, dasar hukum perizinan, perbedaan SPP IRT dan MD/ML BPOM, jenis produk yang tidak wajib izin edar BPOM, keuntungan memiliki nomor izin edar, hingga penjelasan tentang cara dan tips memperoleh izin edar BPOM.

Pasca penyampaian materi, dilanjutkan dengan adanya tanya jawab melalui pesan singkat di kanal youtube BAZNAS TV. Banyaknya diskusi dan pertanyaan di kegiatan UMKM Class BAZNAS menunjukkan antusiasme peserta dalam menghadiri kelas online kali ini. Selain itu, pelatihan ini juga telah ditonton hingga 2 ribu peserta secara online.

Di akhir penyampaian materi, Ely memberikan pesan kepada para pelaku UMKM agar terus mengupayakan memiliki surat izin edar.

"Produksilah pangan olahan yang memiliki izin edar agar dapat berwirausaha dengan tenang karena sudah legal dan aman. Badan POM akan terus membantu para pelaku UMKM untuk mendapatkan surat izin edar," tutupnya.

#BAZNA
#LpemBaznas
#UMKMClassOnline
#SemestaKebajikanZakat