BAZNAS mendorong ketahanan pangan selama pandemi melalui kegiatan family farming di Desa Jono Oge. Kegiatan ini berlangsung pada bulan April 2020 hingga November 2020. Sejak bulan Juni hingga November 2020, setiap pekan kelompok family farming  atau pertanian keluarga yang difasilitasi BAZNAS yaitu Kelompok Usaha Bersama dapat melakukan panen.

Adapun hasil panen yang didapat untuk cabe merah keriting varietas Krisna sekitar 70 kg dari hasil paneb 3.500 tanaman. Adapun kisaran harga rata-rata untuk setiap kilogramnya adalah sebesar Rp25.000.

Atas keberhasilan pencapaian kelompok family farming BAZNAS Microfinance Desa Sigi tersebut, UPT Balai Benih hadir dan memperkuat kegiatan family farming. UPT Balai benih memberikan bantuan 3000 bibit cabe rawit varietas Pelita 8 S1. Varietas ini direkomendasikan sebagai cabe rawit tahan hama, cocok dengan iklim tropis, cepat berbuah, umur panjang, dan produktifitas tinggi. Estimasi harga bibit tersebut berkisar Rp. 1.000 /pohon semai

Bantuan ini diperuntukkan kepada kelompok usaha bersama yang berjumlah 11 orang. Cabai yang diberikan akan ditanam di lahan 0,25 Ha yang terletak di Desa Jono Oge.

Untuk mencapai budidaya pertanian dengan biaya murah dan hasil melimpah, sebagai tindak lanjut kelompok mitra akan difasilitasi dalam penggunaan pupuk organik yang telah diujicobakan pada cabe merah keriting. Proses uji coba telah dilakukan dengan bekerjasama dengan salah satu SMK Pertanian di Sigi.

#BAZNASMicrofinance
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat