Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Sahabat ZCD sebagai pendamping program kembali melanjutkan aktivitas pembinaan keagamaan pada Kelompok Tanadoang dengan belajar mengaji, Jum'at (9/10/2020). Aktivitas ini dilakukan pada pukul 16:00 WITA, karena menyesuaikan aktivitas para mustahik pada pagi harinya.

Agenda ini rutin diadakan setiap hari Jum'at sore di salah satu rumah anggota kelompok yang diikuti oleh lima anggota mustahik secara keseluruhan. Dengan jumlah yang tidak terlalu besar ini, menjadikan aktivitas mengaji menjadi lebih terfokus dan mendalam. 

Dalam program aspek dakwah ini, kelompok didampingi secara berkelanjutan sehingga muncul kesadaran dan pemahaman mustahik dalam menjalani perintah agama, salah satunya yakni membaca al-Qur’an. Dalam pembelajarannya, mustahik difokuskan pada perbaikan bacaan, mulai dari penyebutan huruf hijaiyah yang sesuai makharijul huruf dan belajar tajwid. Pemateri Daiyah disampaikan oleh Ustadzah Titi yang didatangkan secara khusus untuk mengisi kegiatan pembinaan keagamaan kelompok.

Dengan adanya kegiatan pekanan ini, pemahaman mustahik tentang keagamaan mulai bertambah, kekompakan, kebersamaan dan silaturahmi juga dapat terus terjaga. Hal ini sebagai bentuk upaya nyata dalam memberikan pengaruh positif berupa pendalaman tentang bacaan al-Qur’an. Upaya ini terus dilakukan oleh Sahabat ZCD untuk lebih memaksimalkan pertemuan-pertemuan berikutnya sebagai upaya ihktiar bagi para mustahik dalam belajar agama.

Dalam menjaga rutinitas kegiatan ini, Sahabat ZCD menetapkan Hari Jum’at sebagai agenda rutin pengajian agar lebih berkah. Dengan meningkatkan pemahaman kelompok terhadap nilai-nilai islam tersebut, diharapkan secara moril akan tertanam nilai-nilai keislaman yang kuat sebagai fundamen dasar mustahik agar dapat berdaya di masa depan.

 

——————————————

#ZakatCommunityDevelopment

#ZCDBAZNAS

#LekasPulihIndonesia

#SemestaKebajikanZakat