Peternak Mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah pada Sabtu (10/10/2020) melakukan produksi pakan silase sebanyak 4 ton. Produksi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pakan dari pesanan konsumen dari Metro Aqiqah yang berada di Metro, Lampung. Pakan Silase yang diproduksi oleh peternak mustahik ini berupa pengolahan pakan hijauan dari daun singkong yang kemudian dicacah kemudian dilakukan fermentasi, pengemasan, dan dikirimkan kekonsumen.

Penerapan teknologi pengolahan pakan silase ini juga merupakan salah satu hasil dari pendampingan yang diberikan BAZNAS kepada peternak mustahik. Hingga saat ini peternak telah mandiri memproduksi pakan silase untuk digunakan secara internal pada ternak di Balai Ternak maupun kepada konsumen.

Indra selaku pendamping program menyampaikan bahwa permintaan pakan silase di wilayah sekitar Lampung masih banyak sehingga peternak mustahik dapat rutin lakukan produksi pakan silase.

"Keuntungan dari pengolahan pakan silase ini diharapkan sebagai salah satu peningkatan dan percepatan penghasilan peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah," tutup Indra.

#SemestaKebajikanZakat