Berlokasi di Pesantren Al Hidayah, Sukamanah Ciamis, Jawa Barat (9/9/2020) tim BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat mengadakan kegiatan Pesantren Siaga Bencana (PSB). Kegiatan ini dimulai dengan melakukan koordinasi dengan BAZNAS Kabupaten Ciamis tentang kegiatan yang bersangkutan. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan koordinasi pihak pondok pesantren yang dijadikan target sasaran untuk pelaksanaan Pesantren Siaga Bencana ini.

Pesantren Siaga Bencana ini dilakukan selama dua hari, dimulai dengan pembukaan oleh BAZNAS Kabupaten Ciamis yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi-materi dan praktek-praktek yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana. Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah seputar pengertian bencana, mitigasi bencana, jenis bencana, dan bagaimana kesiapsiagaan pesantren dalam menghadapi potensi bencana yang akan terjadi.

Selain itu juga diperkenalkan dengan Tas Siaga Bencana kepada santriawan dan santriawati serta bagaimana Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik di masa new normal.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan pelatihan Pertolongan Pada Gawat Darurat (PPGD) dan simulasi sederhana kejadian bencana di Pesantren Al Hidayah, Sukamanah. Dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan civitas pondok pesantren dapat lebih tanggap dan siap dengan segala situasi dan kondisi yang ada.