BAZNAS Tanggap Bencana kembali menggelar webinar yang dilaksanakan pada Jumat (26/6/2020) dengan mengambil tema kesehatan dengan judul “Tantangan WASH (Water, Sanitation and Hygiene) di Masa Pandemi". Ditayangkan langsung melalui kanal Youtube BAZNAS TV, pada kesempatan ini, membahas mengenai WASH yang merupakan salah satu subklaster dalam penanggulangan bencana. Subklaster ini berfokus pada penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan pasca bencana bersama dalam klaster shelter.

Dalam kondisi pandemi ini, WASH menjadi elemen kunci dalam penerapan protokol kesehatan pada era kenormalan baru ini. Hal  ini terkait dengan penyediaan pasokan air bersih untuk mendukung terlaksananya gerakan cuci tangan pakai sabun serta upaya penyehatan lingkungan sebagai cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tema webinar ini dibahas secara holistik dalam diskusi yang dipandu oleh seorang moderator yaitu dr. Dina Arisonaningtyas, MPH (Kepala Klinik Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta) dengan tiga orang pembicara, yaitu; Imran Agus Nurali (Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI), dr.Corona Rintawan (Ketua Bidang Protokol Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) dan Enrico Rahadi Djonoputro (WASH in Emergency Focal Point UNICEF).