Pandemi Covid-19 saat ini menjadi momok yang menakutkan di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana tersebut, ZCD BAZNAS melakukan serangkaian kegiatan Kampung Tanggap Bencana Corona di salah satu titik Kampung Zakat, yaitu  di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Selasa (19/5/2020), kegiatan KTBC dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah produksi KUB binaan BAZNAS, mushalla, madrasah, gubuk-gubuk pemulung, dan rumah warga. Kegiatan ini dilakukan Ketua RW 03, Ketua Ketua RT 01 dan 04, Kasi Kesos Sumur Batu, mustahik binaan ZCD dan 2 relawan Cash For Work (CFW).

Penyemprotan ini dilakukan karena wilayah Sumur Batu yang berdekatan langsung dengan Kampung pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi. Terlebih menjelang akhir Ramadhan ini, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat untuk menjaga kesehatan terhadap penyebaran virus corona cenderung menurun. Oleh karena itu perlu kembali diingatkan dan ditingkatkan kesadaran masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi pandemic ini khususnya di wilayah Sumur Batu.

Selain itu, ZCD BAZNAS juga membagikan masker gratis sebanyak 120 pieces berbahan sponbond. Kegiatan ini dilakukan karena melihat banyaknya warga yang tidak menggunakan masker saat bersingguangan dengan orang lain. Dengan adanya masker ini, diharapkan warga mampu menjaga diri dan keluarganya agar tidak terpapar virus corona.

Semoga melalui program KTBC ini,  mampu meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap wabah yang sedang melanda Indonesia dan juga dunia. Sehingga bisa mempercepat terbebasnya Indonesia khususnya wilayah Sumur Batu dari virus corona.