Di tengah masa kritis pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development mencoba membantu meringakan beban ekonomi warga yang terdampak dengan Paket Logistik Keluarga dan aksi Cash For Work (CFW) di Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani,  Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Kamis (14/5/2020), Sahabat ZCD bersama pihak kelurahan, perwakilan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura dan Polsek Sentani serta kelompok mustahik binaan ZCD melakukan penyaluran PLK sebanyak 50 paket untuk 50 KK mustahik. Kegiatan dimulai dengan penyerahan secara simbolik dari Ibu Lurah kepada kepada 15 perwakilan mustahik dengan tetap memperhatikan social distancing dan dilanjutkan dengan pendistribusian dengan mendatangi satu per satu rumah warga.

Adapun isi bantuan PLK berupa sembako seperti, beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, tepung beras, ikan kaleng, mie telur, dan bahan pangan lainnya. PLK ini merupakan bagian dari upaya BAZNAS dalam meminimalisir terjadinya kekurangan logistik terutama bahan pangan pada keluarga miskin sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebelum pendistribusian dilakukan, Sahabat ZCD juga telah melakukan survei pembelian kebutuhan PLK dan survei mustahik agar bantuan yang diberikan tepat sasaran untuk keluarga yang benar-benar membutuhkan. Sahabat ZCD juga melakukan advokasi ke Kelurahan Dobonsolo dan Satgas Covid-19 Kabupaten Jayapura. Setelah diskusi berlangsung, diputuskan bahwa calon penerima manfaat dari PLK ini adalah para petani dan pelaku UMKM yang berada titik ZCD Dobonsolo.

Harapannya setelah dilakukan pendistribusian ini, mustahik bisa merasa terbantu dalam akses pangan dan bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan tenang di tengah wabah pandemi Covid-19.