Pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak problematika akibat adanya pembatasan aktifitas di hampir seluruh daerah di Indonesia. Hal ini tidak hanya dirasakan di kota-kota besar, melainkan hampir diseluruh penjuru bahkan pelosok negeri. Warga yang terdampak pandemi Covid-19 juga terdapat di pedalaman yang tergolong sangat jauh dari kota.

Sebanyak 35 Kepala Keluarga (KK) orang rimba yang menetap di Permukiman SAD, Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, dampingan SSS Pundi Sumatera di daerah itu mendapatkan bantuan Paket Logistik Keluarga dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD), Selasa (19/05/2020).

Penyaluran Paket Logistik Keluarga dilakukan oleh Sahabat ZCD bersama kader SAD dan dihadiri pemerintah desa serta perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Bungo serta dibantu oleh 10 relawan Cash For Work (CFW). Penyaluran sebanyak 35 PLK berlangsung di balai pertemuan pada pukul 16.00 - 17.30 WIB.  Sebelum memasuki aula, semua warga dihimbau untuk melakukan cuci tangan menggunakan sabun, mengenakan masker dan duduk dengan skema menjaga jarak untuk menerapkan social distancing. Pendistribusian berjalan lancar dan 35 Kepala Keluarga yang hadir telah menerima bantuan PLK. Usai pendistribusian PLK selesei, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama mustahik dan shalat magrib berjamaah.

Bantuan PLK diterima dengan sukacita oleh para warga SAD. Mereka mengaku sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya bantuan ini, di saat komunitas SAD sedang merasakan kesulitan pangan akibat pandemi  Covid-19. Dalam kesempatan yang sama pemerintah desa juga menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan kepedulian BAZNAS pada komunitas SAD di wilayahnya.

Adapun dalam isian PLK terdapat beberapa macam bahan pangan seperti 20kg beras, 3kg minyak sayur, 2kg gula, 3 kaleng ikan sarden, 20pcs mie instan, 15 butir telur dan 3 kaleng susu. Dalam isian PLK juga terdapat leaflet panduan Ramadhan saat pandemi Covid-19, hal ini guna memberikan edukasi tata cara pelaksanaan ibadah Bulan Ramadhan kepada warga yang aktifitasnya dibatasi di dalam rumah.

Bersamaan dengan pendistribusian PLK, setiap keluarga juga memperoleh bantuan KTBC (Kampung Tanggap Bencana Corona) dalam rangka pencegahan Covid-19 berupa pembagian masker kain untuk semua anggota keluarga dan 1 buah sabun cuci tangan. Melaui kegiatan ini, diharapkan mampu membantu masyarakat yang berada di pelosok negeri untuk mendapatkan hak nya.