Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) bersama mustahik binaan kelompok Cahaya Tani melaksanakan aksi peduli kepada masyarakat sekitar terdampak COVID-19 di Ds. Sukamanah, Kec. Baros, Kab. Serang, Banten, Rabu (20/5/2020).

Pelaksanaan kegiatan dimotori oleh Ketua kelompok Fauji Rohman (38) dengan membagikan beras berisi 5 kg hasil karya kelompok yang dibina oleh LPEM BAZNAS melalui program Lumbung Pangan sebagai bentuk sikap empati dan wujud keprihatinan terhadap kesusahan masyarakat yang kurang mampu.

“Aksi ini berwujud pemberian solusi meski tidak banyak di era pandemi COVID-19, dengan membuka sunduk beras kepada anggota agar menyumbang hasil panennya dan menyisihkan jumlah beras dari pengadaan zakat fitrah oleh BAZNAS yang diamanahkan kepada kelompok, alhamdulillah beras yang mampu kami kumpulkan sebanyak 200 pak. Selain kami memberikan kepada warga sekitar akibat dampak COVID-19, kami juga memberikan beras ini kepada guru ngaji dan tokoh masyarakat setempat," ujar Fauji Rohman, ketua kelompok Cahaya Tani.

Sementara rangkaian kegiatan ini dimulai sejak 19 april 2020, dengan membagikan Paket Logistik Keluarga kepada anggota kelompok sebanyak 20 paket yang berisikan beras, sarden, minyak goreng, kecap, susu, teh dan lainnya. Setelah itu keesokan harinya, rabu tanggal 20 Mei 2020 yang dimulai pada pukul 09.00 sampai 16.00 dilaksanakan pembagian beras 200 pak tersebut kepada warga, tentunya dengan mematuhi protokoler kesehatan, tambah ketua kelompok.

Kegiatan pembagian sembako sering kali kita temui di masa-masa ini, namun yang menarik adalah sebuah kelompok muatahik yang belajar ingin menjadi muzakki dengan cara menyisihkan beras dan dihimoun sampai beejumlah banyak sehingga dapat bermanfaat untuk orang banyak, yang kemudian menjadi contoh kepada warga lain agar sama-sama berkontribusi untuk menjadi bagian solusi di era sulit seperti sekarang ini.

#LPEM_BAZNAS
#LUMBUNGPANGAN
#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia