Pandemi Covid-19 di Indonesia berimbas pada menurunya perekonomian masyarakat, terutama pada pedagang sektor informal UMKM. Hal ini dirasakan oleh semua pedagang, tak terkecuali Kelompok Budidaya Kepiting Dongdang "Mitra Bahagia", Desa Pantai Bahagia Kec. Muara Gembong Kab. Bekasi. Yang dimana daerah ini rawan banjir dan bencana.

Menyikapi hal tersebut, LPEM BAZNAS menyalurkan Paket Logistik Keluarga kepada mustahik di Desa Pantai Bahagia. Adanya penyaluran Paket Logistik ini, diharapkan bisa meringankan beban hidup mereka. Lokasi titik penyaluran dilaksanakan di wilayah Yayasan Pondok Modern Madinatul Iman Kp. Rawa Keladi Desa Sukaindah Kec. Sukakarya.

Pukul 09.00 kami bersiap untuk menyalurkan PLK. Lalu kami angkut melalui mobil pick up yang sudah disiapkan oleh warga sukaindah. Penyaluran PLK memakan waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam dengan jarak 22 KM untuk mencapai lokasi kecamatan Muara Gembong. Belum lagi dari kecamatan harus menempuh jarak 8 KM atau 30 menit perjalanan darat untuk sampai ke rumah penerima manfaat.

Cukup lumayan jauh tentunya, oleh karena nya sehari sebelumnya pendamping berkoordinasi dan konsultasi tentang penyaluran ini agar lebih hemat waktu dan efisien.

Karena kondisi perjalanan tidak memungkinakan untuk dimasuki mobil, karena berbahaya dan kondisi jalan rusak parah akhirnya diputuskan untuk tidak menggunakan kendaraan mobil.

Dari hasil koordinasi keluar keputusan bahwa lebih baik diangkut melalui perahu (milik Ulum salah satu anggota), dengan menyusuri sungai Citarum. Lewat dermaga-dermaga kecil yang biasa nelayan gunakan. Sehingga memudahkan distribusi langsung ke penerima manfaat. Setibanya pendamping di dermaga ternyata Pak Ulum sudah menunggu, dengan sigap Pak Ulum Memindahkan paket PLK satu Persatu dari mobil ke perahu. Pak Ulum merasa terharu dan senang membantu BAZNAS pendamping menyalurkan PLK.

Salah satu penerima, Aswad mengucapkan rasa syukur nya kepada pendamping.

"Terima kasih banyak ya pak untuk Muzakki BAZNAS dan tim BAZNAS, semoga. Bapak semua sehat selalu," ucap Aswad, ketua kelompok.

BAZNAS menyalurkan bantuan Paket Logistik Keluarga kepada mustahik untuk membantu dan meringankan beban hidup masyarakat yang ekonominya terdampak bahkan tergerus di masa pandemi COVID-19. Harapanya PLK tersebut mampu mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi masa-masa sulit ini, dimana ada banyak yang di PHK, penjualan pun menurun yang berujung mustahik harus berjuang dan bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

#BAZNAS
#LPEM
#MustahikPengusaha
#PaketLogistikKeluarga
#SemestaKebijakanZakat
#LekasPulihIndonesia