Pemerintah mengatakan kasus virus corona sudah menyebar di 24 provinsi dari 32 provinsi yang ada di Indonesia. Per 24 Maret 2020, jumlah penderita di Indonesia sudah sebanyak 686 orang, 30 dinyatakan sembuh, dan 55 meninggal dunia, dengan catatan kasus terbanyak ada di Pulau Jawa.

Melihat kondisi tersebut, BAZNAS melalui Lembaga ZCD terus meningkatkan kesiapsiagaan Covid-19 dengan membuat program “Kampung Tanggap Bencana Corona” di seluruh desa binaan yang tersebar di Indonesia. Salah satunya yaitu Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Selasa (24/3/2020), Sahabat ZCD bersinergi dengan BAZNAS Kabupaten Demak, anggota Sibat PMI, Kepala Desa Bedono, Kepala Sekolah SD 3 Bedono, Ketua UPZ Desa Bedono, serta perwakilan dari OISCA melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa area publik seperti tempat ibadah dan sekolah.

Dimulai pukul 08.30 pagi, kegiatan penyemprotan disinfektan dimulai dari kantor BAZNAS Kabupaten Demak, kantor Panwas Kabupaten Demak, kantor Koperasi Kabupaten Demak. Penyemprotan dilanjutkan di Desa Bedono dengan menyasar beberapa tempat ibadah dan sekolah seperti Madrasah Diniyyah, TK Darussalam, SD Bedono 3, TK Samudra Ilmu, Mushalla At-Taqwa, Mushalla An-Nur dan berakhir di Mushalla Al Amin.

Adapun bahan campuran yang digunakan dalam pembuatan disinfektan pada kegiatan ini yaitu 1 liter air yang dicampur 2 sendok byclin, 2 sendok karbol wangi dan 4 sendok pembersih lantai. Pencampuran itu dilakukan sampai 16 liter yang nantinya ditampung ke derigen alat semprot.

Sahabat ZCD menyadari pentingnya upaya pencegahan untuk meminimalisir dampak penyebaran dari Covid-19. Disinfektan sendiri merupakan senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan.

Penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran infeksi Covid-19 dengan mensterilkan area publik yang sering dikunjungi masyarakat sehingga terbebas dari virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan ini, Sahabat ZCD juga menghimbau mustahiknya untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melakukan pencegahan sedini mungkin sesuai protokol yang dianjurkan ZCD BAZNAS.