program TBC
Program Pengendalian Penyakit Tuberculosis menjadi salah satu fokus program tim Layanan Luar Gedung Rumah Sehat BAZNAS Jogjakarta. Pada pelaksanaannya program ini juga dilakukan dengan mendampingi Pondok Pesantren yang bertujuan untuk memperbaiki kesehatan dan lingkungan di pondok pesantren.

Pondok Pesantren Al Hikmah Gunung Kidul menjadi salah satu pesantren yang didampingi oleh Tim Layanan Luar Gedung Rumah Sehat BAZNAS Jogjakarta. Pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada santri tentang bahaya rokok dan kaitannya dengan penyakit tuberculosis. Mengkonsumsi atau terpapar asap rokok menjadi salah satu penyebab yang mengakibatkan bakteri tuberculosis dengan mudah masuk ke dalam tubuh karena asap rokok dan merusak rambut getar di tenggorokan yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh. Kegiatan ini diikuti oleh 356 santri.

Rangkaian kegiatan selanjutnya berupa penyaluran bantuan produk Unilever yang berupa paket perlengkapan sekolah, paket pangan dan paket kebersihan untuk warga ponpes Al Hikmah Gunung Kidul yang berjumlah 356 orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh BAZNAS Kab. Gunung Kidul dan bantuan secara simbolis oleh Kepala Klinik Rumah Sehat BAZNAS Jogjakarta kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Gunung Kidul. Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 s/d 14.15 WIB. Salat Sehat.