Optimalkan Kemampuan Pemuda, BAZNAS Beri Pelatihan Sablon di Sambas 

23/10/2023 | Pendidikan dan Dakwah

Sahabat Zakat Community Development (ZCD) bersama Karang Taruna Desa Temajuk, Kalimantan Barat, mengadakan pelatihan sablon baju untuk para pemuda. Acara ini juga didukung penuh oleh BAZNAS Kabupaten Sambas.

Pelatihan dipandu oleh Hendro, merupakan pengusaha yang berkecimpung di bidang sablon, desain grafis, dan kaligrafi. Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah desa, perwakilan BAZNAS Kab. Sambas, serta 10 orang pemuda/pemudi. 

Pelatihan dimulai dengan cara pemasangan kain screen sablon, jumlah screen sablon yang digunakan adalah 2, masing-masing screen sablon untuk metode pembuatan mal/cetakan yang berbeda. Cetakan pertama dengan cara dibolongi, cetakan lainnya dengan proses film. Cara dibolongi untuk desain yang sederhana, cara film untuk desain yang lebih rumit.

Setelah proses pembuatan desain cetakan sudah selesai, pelatihan dilanjutkan dengan proses pengecatan. Proses pengecatan dilakukan dalam dua kali pengulangan, dimaksudkan untuk mendapatkan hasil sablon yang lebih bagus. Proses pengeringan cat di atas baju harus menggunakan hair dryer agar lebih cepat, dibanding dengan dijemur di sinar matahari.

Peserta secara bergantian mempraktikkan yang telah dicontohkan oleh pelatih di setiap stepnya sambil dipandu oleh pelatih. Pelatihan sablon ini menggunakan dua media, yang pertama baju polos, dan kedua tas belanja polos. 

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ