Peternak Mustahik BAZNAS Lakukan Penebalan Alas Kandang

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 24/01/2023
  • Bagikan :

Peternak Mustahik BAZNAS Lakukan Penebalan Alas Kandang


Guna mengoptimalkan pertumbuhan ayam broiler,  Bapak Rifail Munir yang merupakan anggota Kelompok Unggul Artha Balai Ternak BASNAS Kabupaten Ngawi melakukan penebalan skam kandang pada ternak ayam usia 14 hari, Selasa (24/1/2023).

Alas kandang atau yang biasa disebut dengan litter adalah bahan untuk mengisi alas kandang yang mempunyai kemampuan cukup baik dalam menyerap air. Litter merupakan salah satu kunci dalam kesuksesan pemeliharaan ayam, terutama pada masa awal pemeliharaan atau brooding. 

Secara umum litter juga berfungsi untuk memberikan rasa nyaman kepada ternak dengan membantu menghangatkan anak ayam pada saat periode brooding karena litter dapat menyerap panas dari brooder dan menghantarkannya kepada kaki anak ayam. 

Selain itu, litter juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh anak ayam agar tetap hangat dengan membatasi kontak langsung antara kaki anak ayam dengan lantai yang suhunya relatif dingin, serta menjaga kelembapan kandang dengan cara membantu menyerap air dari feses maupun dari air minum yang tumpah.

Dengan adanya penebalan alas kandang dengan skam, diharapkan pertumbuhan ayam dapat berjalan optimal dan menjaga performa ayam hingga panen tiba.

BAYAR ZAKAT