"https://baznas.go.id/15"

Ikhtiar Mustahik Jalankan Usaha Sol Sepatu di Tengah Krisis Covid-19

  • Diposting oleh : Markom
  • Tanggal : 29/04/2020
  • Dedi saat menawarkan jasa usaha sol sepatu di daerah Jakarta Utara.


    Pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar di Jakarta, dilakukan untuk menekan sebaran pandemi covid-19. Penerapan PPSB sebagai upaya untuk membatasi pencegahan masyarakat terpapar Covid-19, berimbas juga pada menurunya aktivitas perekonomian.

    Salah satunya terjadi pada menurunya penghasilan Dedi, salah satu mustahik Sol Sepatu binaan BAZNAS saat ditemui pendamping program Mustahik Pengusaha, Kevin Arthur Herivo di tempat mangkalnya di Kodamar Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (29/4/2020). Dedi menuturkan bahwa sudah satu bulan ini sepi yang memakai jasanya.

    `Pandemi COVID-19 ini sangat pengaruh untuk saya mas. Sudah sebulan jarang ada yang datang nganterin sepatu buat di sol. Biasanya dapet 50-70 ribu sekarang paling 20 ribu, kemarin malah dua hari tidak ada pelanggan sama sekali,` imbuh Dedi.

    Walaupun demikian, Dedi tetap optimis dan tabah dalam menyikapi situasi seperti ini. Ia menuturkan terpaksa tetap berjualan karena harus menghidupi keluarga kecilnya di Garut.

    `Tapi ya kita tetep tabah, Alhamdulillah pas sepi ada aja orang ngasih sedekah entah berupa makanan ataupun uang. Bagaimanapun pula kita harus tetap berikhitar, dan banyak doa untuk terhindar dari virus ini,` ujar bapak 42 tahun tersebut.

    Ditengah situasi pandemo Covid-19, banyak pelaku UMKM yang harus keluar untuk menghidupi keluarganya, memiliki resiko tinggi terpapar Covid-19. Penggunaan alat pelindung diri seperti masker dan handsanitizer untuk UMKM menjadi hal yang penting dilakukan untuk pencegahan virus seperti yang dilakukan tukang sol ini.

    BAZNAS melalui program Mustahik Pengusaha, menghadirkan program bantuan modal usaha kepada Mustahik untuk meningkatkan perekonomian mereka agar lebih baik. Selain itu BAZNAS juga melakukan pendampingan baik dalam aspek ekonomi, religi, sosial dan edukasi mengenai situasi sekarang tidak luput dalam agenda pendampingan kali ini.

BAYAR ZAKAT