"https://baznas.go.id/6"

Dampingi Mustahik Binaan Edukasi Konsumen Cegah Corona

  • Diposting oleh : Markom
  • Tanggal : 24/03/2020
  • Mustahik binaan BAZNAS tengah memberikan edukasi terkait pencegahan Covid-19, di Ciseeng, Kabupaten Bogor, Kamis (23/3/2020).


    Menindaklanjuti semakin masifnya penyebaran Covid-19 di Indonesia, BAZNAS mendorong para mustahik binaannya untuk melakukan edukasi kepada konsumennya. Langkah ini edukasi penting, untuk keamanan bagi mustahik sendiri, dan juga konsumen dalam mencegah penularan virus.

    Salah satunya usaha ZChicken milik Dede yang berlokasi di Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dede berinisiatif melakukan pemasangan sticker mengenai langkah-langkah pencegahan Covid-19 di gerobak dagangan miliknya. Bahkan Dede tak segan untuk menjelaskan kepada konsumennya di sela-sela aktivitas menjajakan dagangannya. 

    Tak hanya itu, Dede juga menyediakan tempat untuk mencuci tangan serta sabun bagi para konsumen. Dede juga menerapkan standar pengolahaan makanan ditempat usahanya secara Higienis dengan menggunakan masker, sarung tangan dan penutup kepala. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada pembeli bahwa makanan yang disajikan aman dan terjamin kualitasnya.

    `Ini adalah bentuk kewaspadaan dan perlindungan kami agar usaha yang kami jalankan aman dari penyebaran virus. Semoga keadaan dapat segera normal kembali, dan bisa menjalankan usaha dengan tenang untuk menghidupi keluarga,` ujarnya.  

    Hal serupa juga dilakukan oleh salah satu pelaku usaha sosis bakar dan seblak, Wati, di Warakas, Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Wati yang merupakan anggota kelompok UMKM Multifood Barokah binaan BAZNAS telah menggunakan standarisasi keamanan pangan berupa penggunaan masker dan sarung tangan saat berdagang. 

    Hal ini dilakukan guna menjaga kebersihan pangan dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

    `Gerakan menggunakan masker dan sarung tangan harapanya sebagai upaya menjaga produk yang disajikan higenis, dan meminimalisir penyebaran virus Covid-19,` katanya.

    Selain dengan penggunaan masker dan sarung tangan, Wati juga menyediakakan sabun untuk pembeli yang akan menikmati jajanan dari usaha miliknya.

    `Kami juga menyediakan sabun untuk pembeli, tentunya sebagai service excellent dan sebagai langkah sederhana untuk melindungi diri, keluarga, dan masyarakat,` ucapnya.

    Plt. kepala LPEM BAZNAS, Deden Kuswanda mengatakan upaya ini dilakukan untuk mendorong pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat dan akan dilakukan secara masif di seluruh binaan BAZNAS. 

    BAZNAS terus mengupayakan langkah pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan beberapa agenda yang dijalankan dalam Rencana Aksi Nasional, dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai area publik, pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, membuat wastafel sehat BAZNAS, dan aksi lanjutan lainnya. 

    Semoga Allah SWT melindungi dan memberikan kelancaran dalam setiap ihktiar kita.

     

BAYAR ZAKAT