BAZNAS Kembangkan Warung Usaha Senan Marbot Masjid Asal Tangerang

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 27/10/2021
  • Senan bersyukur warungnya semakin berkembang bersama BAZNAS (Foto: BAZNAS)


    "Kalau kita usaha harus dibarengi dengan doa, terus tawakal, jujur, jangan gampang mengeluh apapun kerjakan dengan ikhlas," kata Senan, pria berusia 63 tahun yang juga saudagar Zmart binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

    Senan, pemilik warung ritel Zmart di Kelurahan Batusari, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, sangat bersyukur dengan kehadiran BAZNAS yang telah mengubah roda perekonomiannya ke arah yang lebih baik. Senan tercatat telah menjadi saudagar Zmart pada September 2020 lalu. Dia mendapatkan bantuan berupa renovasi warung, penambahan aset usaha, dan bantuan modal usaha.

    Dulunya warung milik Senan tidak terlalu besar, terkesan minimalis dengan barang dagangan seadanya. Terbatasnya pengetahuan soal pengelolaan warung dan teknik berjualan membuat usahanya terkesan jalan di tempat. Selain menjalani usaha warung, Senan juga seorang marbot di salah satu masjid di dekat tempat tinggalnya. Senan telah menjalankan kegiatan mulia tersebut sejak 10 tahun lalu dan dijalankan secara sukarela tanpa mengharapkan upah dari pengurus masjid ataupun jamaah.

    Sebenarnya Senan mendapatkan upah dari tugasnya menjadi pengurus masjid, namun bayaran itu dia berikan dan ikhlaskan untuk kemaslahatan serta kemakmuran masjid. Baginya menjalankan usaha warung meskipun hanya kecil-kecilan itu cukup untuk memberikan nafkah untuk keluarga.

    Meski begitu, ada saja keinginan dalam dirinya untuk memperbesar warung dan memajukan usaha. Tapi selalu terbentur dengan keterbatasan modal yang ia miliki. 

    "Saya berdoa pengen gitu punya modal yang agak gedean buat warung, soalnya di sini senangnya pada belanja ke saya, tapi kadang-kadang warung saya gak komplit barangnya," ujar Senan menceritakan kisah awal mula sebelum mendapatkan bantuan.

    "Alhamdulillah banget pas ada bantuan dari BAZNAS tahun lalu saya bisa tuh dikit-dikit nambahin modal barang," katanya dengan penuh semangat.

    Sejak mendapatkan program bantuan tersebut, Senan menjadi saudagar Zmart yang penuh semangat mengikuti kegiatan pendampingan dan pelatihan yang BAZNAS berikan. Dengan adanya bantuan tersebut usahanya kini semakin berkembang pesat dengan omzet tertinggi mencapai Rp1.600.000 per hari.

    Semakin banyak varian produk yang sekarang dijual, banyak pelanggan yang saat ini terbantu terpenuhi kebutuhannya dan juga merasa sangat puas ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari di Zmart Senan. 

    Keramahan Senan menjadi salah satu faktor yang memicu kepuasan pembeli untuk berkunjung kembali. Pengembangan usaha juga dilakukan oleh Senan dengan menambah produk es krim yang menjadi daya tarik konsumen kalangan anak-anak.

    Kemajuan dan keberhasilan yang dicapai tidak membuat beliau jemawa dan besar kepala, Senan tetap menjalankan perannya sebagai marbot masjid di waktu-waktu tertentu tanpa mengganggu aktivitas usahanya, dan tetap memegang prinsip doa, usaha, tawakal, jujur, dan ikhlas.

    BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu mewujudkan mimpi mustahik seperti Senan agar bisa memajukan usahanya dengan menyalurkan donasi terbaik melalui Zakat Online BAZNAS di link https://baznas.go.id/bayarzakat, atau melakukan transfer ke daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening .

    Anda juga bisa melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly WhatsApp-087877373555. 

    Anda juga bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut: 

    BSI 9555.555.400 

    BCA 686.0148.755 

    BNI 555.5505.027 

    Mandiri 0700.0018.55555 

    a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAYAR ZAKAT