BAZNAS News | 5 Mei 2020

  • Tanggal : 05/05/2020
  • Diposting oleh : Markom

Atasi Dampak Ekonomi Masa Pandemi, Mitra BAZNAS Ciptakan Peluang Produksi Masker

Mitra yang tergabung dalam Kelompok Mitra Bersama ini merupakan kelompok usaha asal Kelurahan Manggis Ganting Bukittinggi. Mereka merupakan pengusaha konveksi dan bordir. namun akibat adanya pandemi Covid-19 omset usahanya mengalami penurunan. Sehingga memandaatkan program pilot project Covid - 19 yang diadakan BMD Bukittinggi yang saat ini dilakukan produksi masker, dan telah memproduksi 1.500 masker selama dua pekan. Penjualan telah dilakukan di daerah kota Bukittinggi hingga Bandung Jawa Barat.

================================

Kelompok Penjahit Binaan BAZNAS turut Memproduksi Masker Kain guna Mencegah Covid-19

Masker kain ini nantinya akan didistribusikan kepada Mustahik dan kelompok masyarakat yang rentan akan penularan Covid-19. Selain membantu penghasilan kelompok menjahit yang saat ini kekurangan pesanan, Mustahik dan kelompok masyarakat yang rentan tertular Covid-19 dan harus bekerja di luar rumah, bisa menggunakan masker ini untuk menjaga mereka dari penularan Covid-19. Para anggota kelompok menjahit Muslimah binaan BAZNAS sangat bersyukur dengan adanya kerjasama ini.

================================

Peduli Lingkungan, Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta Salurkan Tas Pilah Sampah untuk Warga

Program pilah sampah dapat dilakukan dengan sederhana di rumah, dengan memilah beberapa jenis sampah anorganik yang masih mempunyai harga jual seperti sampah botol, kaleng, kertas dan kardus yang kemudian setelah dikumpulkan secara berkelompok akan dijual kepada pengepul sampah dan hasil penjualannya akan digunakan sebagai kas kelompok. Tas Pilah Sampah ini sebagai sarana untuk memilah sampah dirumah dan sebagai langkah awal untuk mengelola sampah dan mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Penyaluran Tas secara simbolis dilaksanakan di 3 Dusun yaitu Dusun Gadungan Pasar, Dusun Ngupit dan Dusun Tanjung Lor yaitu sebanyak 250 Tas Pilah, 550 tas pilah lainnya disalurkan ke 23 dusun yang memiliki program pilah sampah di wilayah Kecamatan Jetis.