BAZNAS News | 28 April 2020

  • Tanggal : 20/04/2020
  • Diposting oleh : Markom

Krisis Covid-19, BAZNAS Inisiasi Program Family Farming

Skema yang dikembangkan oleh BAZNAS Microfinance di Desa Langko adalah mitra mustahik berperan sebagai kelompok yang menyediakan bibit, untuk kemudian dibeli oleh Pemerintah Desa yang selanjutnya akan didistribusikan kepada sekitar 3.000 Kepala Keluarga. Target pembibitan yang disiapkan sebanyak 15.000 bibit terdiri dari cabai, terong, tomat, dan kacang panjang. BAZNAS akan turut serta melakukan pendampingan, terutama kepada para mustahik. Konsep Family Farming mengajak setiap keluarga untuk menanam tanaman pangan di pekarangan rumahnya. Dengan adanya inisiasi dari BAZNAS terkait program family farming diharapkan dapat menjadi alternatif masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya dengan hasil pengembangan di lahan mereka secara mandiri selama kondisi pandemi ini.

================================

Lumbung Pangan BAZNAS Siapkan Suplai Pengadaan Beras Zakat Fitrah Ramadhan

Pada bulan April ini telah dilaksanakan panen raya padi di hampir seluruh wilayah Indonesia. BAZNAS mendapatkan pasokan gabah padi dari mustahik petani binaan Lumbung Pangan BAZNAS dan juga didapat dari petani sekitar. Proses pengolahan beras dilakukan secara mandiri oleh kelompok mulai dri pembelian gabah petani, proses pengeringan, penggilingan, pengemasan, hingga distribusi dengan tetap menggunakan standar Alat Pelindung Diri. Target pengiriman beras zakat fitrah tahap pertama kepada mustahik dimulai pada hari ke4 ramadhan, yang DiharapkanĀ mustahik mendapatkan kebutuhan pangan selama bulan suci Ramadhan di tengah masa pandemi Covid-19.

================================

BAZNAS Dampingi Kelompok Binaan Maksimalkan Panen Bawang

Kelompok Berkah Tani merupakan salah satu kelompok mustahik beranggotakan 21 KK yang melakukan budidaya bawang merah dengan konsep ramah lingkungan tanpa pupuk kimia dan pestisida kimia. Penanaman bawang kali ini memasuki tahap ke-3 dengan pendampingan dan pendataan oleh sahabat ZCD. Pendataan ini guna memonitoring kondisi tanaman bawang merah, meliputi identitas petani, modal awal yang dikeluarkan petani, dan luas lahan yang ditanami. Dalam pendampingan ini mustahik bisa menyampaikan kendala penanaman bawang merah, Sehingga nantinya dapat diketahui bagaimana proses mustahik merawat tanamannya, hingga keuntungan yang didapatkan mustahik.

================================

Maksimalkan Produktivitas Balai Ternak, BAZNAS Luncurkan Buku Kelompok Peternak

Pada Maret hingga April 2020 Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS telah lakukan proses pembuatan dan distribusi buku kelompok peternak. Peluncuran buku kelompok peternak secara daring ini dihadiri 18 peserta pendamping dan tim manajemen LPPM BAZNAS. Adapun 4 buku kelompok peternak yang telah diluncurkan dan disosialisasikan yaitu : 1. Buku Daftar Anggota Kelompok 2. Buku Populasi Ternak Kelompok 3. Buku Rapat Kelompok 4. Buku Recording Peternak Mustahik Peluncuran buku ini bertujuan sebagai alat kontrol dan alat dokumentasi, alat monitoring dan evaluasi, alat ukur capaian kegiatan, dan memudahkan proses recording populasi ternak yang berada di Balai Ternak BAZNAS.