BAZNAS News | 23 Oktober 2020

  • Tanggal : 23/10/2020
  • Diposting oleh : Markom

Bina Peternak, BAZNAS Terbitkan Buku Panduan Pemberdayaan Peternak

Bedah buku digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV/ yang dihadiri Anggota BAZNAS Nana Mintarti, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian Sugiono, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Irfan Syauqi Beik, dan Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNASAjat Sudarjat. Buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan. Kumpulan Materi Pendampingan Program Balai Ternak BAZNAS terdiri dari 12 bab mulai dari membangun kemandirian secara lembaga melalui materi pada bab kelompok, keuangan, administrasi, koperasi, dan mengenai Lembaga BAZNAS.

================================

BAZNAS Edukasi Warga Cegah DBD di Awal Musim Penghujan

Penyakit demam berdarah ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti, yang cukup sering ditemukan pada musim peralihan. Pada awal musim penghujan inilah populasi nyamuk juga akan meningkat drastis sehingga diperlukan antisipasi pencegahan penyebaran demam berdarah dangue, memutus rantai reproduksi dan menekan populasi nyamuk. BAZNAS juga melibatkan masyarakat agar teredukasi dan dapat dilakukan secara mandiri dan berkala.

================================

BAZNAS Apresiasi Pendamping melalui Sahabat ZCD Award 2020

Keberadaan pendamping mustahik yang gigih dan berprestasi merupakan aset yang berharga bagi salah satu Lembaga Program BAZNAS, Zakat Community Development (ZCD). Dalam aktivitasnya, Lembaga ZCD mengangkat fasilitator pendamping mustahik dengan sapaan Sahabat ZCD. BAZNAS mengapresiasi perjuangan mereka hingga hari ini melalui Sahabat ZCD Award yang diberikan pada Acara Pelatihan Sahabat ZCD. Dengan memberikan apresiasi terhadap kinerja Sahabat yang produktif dan solutif, diharapkan dapat memotivasi Sahabat lainnya untuk terus membangun semangat mustahik manjadi lebih berdaya. Pada acara ZCD Award ini terpilih 9 nominasi terbaik dari berbagai wilayah, dengan beberapa indikator penilaian, antara lain tuntasnya tugas pembuatan laporan program, kemampuan peningkatan keterampilan, serta inovatif dalam pengembangan program.