BAZNAS News | 1 September 2020

  • Tanggal : 01/09/2020
  • Diposting oleh : Markom

Tingkatkan Sertifikasi Mustahik, BAZNAS Adakan Kelas UMKM Daring

Acara dilakukan secara live melalui kanal BAZNAS TV dan dibuka oleh Anggota BAZNAS Nana Mintarti, yang dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan sertifikat halal produk merupakan hal penting bagi pelaku UMKM. Sehingga BAZNAS juga berkepentingan untuk mendampingi mustahik binaan dalam memperoleh sertifikasi halal sehingga mampu diterima pasar. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara LPEM BAZNAS dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia. Kelas daring terdiri dari dua series yaitu tentang pelatihan sertifikasi halal dan tentang pariwisata halal/yang saling berhubungan dengan sertifikasi halal.

================================

BAZNAS Kembangkan Sistem Kecerdasan Buatan untuk Cegah Covid-19

Sistem kecerdasan buatan membantu menjaga jalannya protokol kesehatan juga sebagai bentuk penyediaan layanan terbaik dari BAZNAS kepada muzaki dan mustahik. Sistem ini dikembangkan, bekerja sama antara BAZNAS dengan tim independen dipimpin oleh Emir Husni/ seorang profesor dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sistem ini mengidentifikasi jarak antar orang yang berada pada suatu ruangan atau lingkungan, mengolah data video atau gambar bergerak yang kemudian menghasilkan analisa jarak. Hal ini menjadi sebuah langkah BAZNAS dalam melindungi masyarakat yang dilayani seperti para muzaki yang ingin melaksanakan ibadahnya, dan mustahik atau penerima zakat yang dapat mengakses bantuan dari BAZNAS dengan kondisi yang lebih nyaman dan baik. Termasuk juga untuk para amil yang bekerja.

================================

BAZNAS Tingkatkan Motivasi Belajar di masa Pandemi

Dengan tema "Berprestasi saat pandemik, Bisakah?" menjadi topik hangat yang dinilai penting untuk didiskusikan dengan para pelajar. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tidak boleh menyurutkan semangat para pelajar untuk berprestasi, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ruang diskusi yang fleksibel bagi pelajar. Dalam kesempatan ini, Kelima pelajar yang meraih prestasi di ajang bergengsi, Keisha, Rifqi, Steven, Mark, dan Ivan membagikan pengalaman dan tips agar tetap memiliki semangat tinggi berprestasi, antara lain dengan seringnya mengikuti kompetisi daring.