BAZNAS News | 16 Desember 2020

  • Tanggal : 16/12/2020
  • Diposting oleh : Markom

BAZNAS Permudah Akses Promosi Produk Mustahik Microfinance

Adapun mitra mustahik yang diangkat dalam dokumentasi ini merupakan mustahik produsen olahan ikan, khususnya kelompok produsen bandeng presto jayalaksana. Di desa Jayalaksana Bekasi terdapat sekitar 50 mitra yang berprofesi sebagai produsen olahan ikan. Mulai dari penju bandeng presto, siomay, dan otak-otak. Para mitra mustahik berjualan dari mulai berkeliling dengan gendongan hingga menggunakan gerobak sepeda dan gerobak sepeda motor. Sebelum hadirnya bantuan permodalan BAZNAS Microfinance Desa, banyak para mitra mustahik terjebak pinjaman dari rentenir keliling atau bank emok di Sukaindah hingga pada akhirnya bisa melepaskan diri dari jeratan rentenir.

================================

Pendampingan BAZNAS Lakukan Percepatan Masa Tanam Bagi Petani Mustahik

Mustahik binaan Baznas melakukan persiapan tanam untuk musim tanam yang akan datang. Percepatan tanam dilaksanakan dalam estimasi waktu hingga akhir bulan. Mustahik binaan BAZNAS melaksanakan olah tanah menggunakan traktor. Beberapa mustahik yang melaksanakan pengolahan antara lain pak Lukman, pak Paino, pak Sumarso, dan pak Siswono. Lokasi pengolahan tanah ada di kampung Pujobasuki dusun 1, Lampung Tengah. Penyemprotan bakteri dekomposer ke areal lahan dilakukan untuk mempercepat proses dekomposisi sisa-sisa tanaman. Selain itu juga telah dilaksanakan pendampingan personal kepada warga yang ikut aktif berdiskusi bersama kelompok. Tidak hanya mustahik binaan saja, warga sekitar pun ada yang mendapat fasilitas pendampingan personal. Tujuan dari pendampingan personal ini yaitu pelaksanaan penanaman komoditas sayuran sehat bebas pestisida serta manajemennya.

================================

Perawatan Rutin Tanaman, Optimalkan Hasil Panen Mustahik Binaan BAZNAS

Aktivitas pagi Ibu-ibu pengelola green house melakukan pengecekan rutin dan perawatan tanaman, termasuk memberikan pakan ikan dan memastikan tanaman tumbuh subur. Green house ini secara luasan dan jumlah tanaman belum masuk dalam aspek bisnis, namun akan menjadi pusat kegiatan dan edukasi kepada masyarakat dalam mengajak berkegiatan "menanam di rumah" sehingga akan tercukupinya kebutuhan konsumsi keluarga. Kedepannya bersama masyarakat bukan hanya terpenuhi kebutuhan pangan keluarga dan sayur segar, namun juga dapat diperjualbelikan dan menjadi mata pencaharian tambahan bagi masyarakat sekitar.

===============================

BAZNAS Bantu Korban Banjir Pandeglang

Curah hujan Yang tinggi dari Sabtu malam 5 desember hingga Senin sore, drainase yang buruk mengakibatkan banjir di 8 desa antara lain cibungur, sidamukti, kubangkampil, sukaresmi, pasirkadu, perdana, dan karyasari Kecamatan sirna resmi Pandeglang. BAZNAS merespon cepat dengan mengirimkan tim BAZNAS Tanggap bencana (BTB) pusat, BTB Banten, BTB Jabar, dan personel kampung tanggap bencana cibungur Banten. Tim mengevakuasi korban terdampak dengan menyiapkan Perahu SCR/ APD Lengkap, dan alat desinfektan mengingat dalam kondisi pandemi.