BAZNAS News | 13 Desember 2020

  • Tanggal : 14/12/2020
  • Diposting oleh : Markom

Gelorakan Kebangkitan Zakat, BAZNAS Award 2020 Siap Digelar

BAZNAS Award 2020 akan dilaksanakan pada 14 Desember 2020 secara virtual melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui kanal yutub BAZNAS TV. Adapun kategori anugerah BAZNAS Award 2020 meliputi: pertumbuhan pengumpulan ZIS terbaik, pendistribusian ZIS Terbaik, program pendayagunaan terbaik, laporan tahunan terbaik, Unit pengumpul zakat terbaik dan penghargaan untuk kepala daerah pendukung kebangkitan zakat. Penghargaan ini akan diberikan kepada BAZNAS Provinsi, kabupaten kota, LAZ Nasional, LAZ Provinsi, Kepala daerah, Muzakki, Mitra Perusahaan, serta media yang berperan bagi kebangkitan zakat di Indonesia.

================================

BAZNAS Bantu Dampingi Tingkatkan Omset Saudagar Mustahik Usaha Kerupuk Kulit

BAZNAS melalui BAZNAS Microfinance turut membantu Ibu Sarmi dalam bentuk pembiayaan mikro dan terus melakukan pendampingan, antara lain melakukan strategi penjualan konsinyasi atau bagi hasil dengan para pemilik warung yang dititipi, sehingga lambat laun usaha kerupuk kulit Ibu Sarmi semakin berkembang. Kini dalam sehari bisa memiliki omset rata - rata Rp 900.000, yang kemudian akan melakukan strategi lain dengan menambah varian rasa berbeda. Ibu Sarmi merupakan penerima pembiayaan modal usaha tahun 2019. Modal yang Ia dapatkan digunakan untuk membeli bahan baku usaha dan kompor untuk produksi kerupuk. Dalam perjalanannya selain dalam hal permodalan BAZNAS Microfinance juga memberikan pendampingan dan pelatihan manajemen keuangan hingga praktik fotografi. Produk kerupuk kulit Bu Sarmi dengan merk Kerupuk Kulit Falafa juga dibantu perbaikan branding dan packagingnya sehingga kemasannya lebih terlihat rapi dan menarik. Kini Ibu Sarmi juga sudah memiliki kurang lebih 60 warung yang menjadi pelanggan kerupuk kulitnya.

================================

Peningkatan Kapasitas Mustahik BAZNAS Microfinance dengan Pelatihan Penyelia Halal

Pada pelatihan ini dijelaskan sejarah halal Indonesia hingga lahirnya Badan Penyelenggara Jamiinan Produk Halal (BPJPH). Berdasarkan UU No.33 Tahun 2014 mulai 18 Oktober 2024, semua produk olahan makanan dan minuman termasuk produk UMKM wajib bersertifikat halal. Dengan mengikuti pelatihan penyelia halal ini, peserta pelatihan yang lolos seleksi mendapat sertifikat sebagai penyelia halal dari BPJH dan mempunyai kewenangan membantu dan mendampingi UMKM untuk menyiapkan, menerapkan, mengawasi dan melaporkan proses sertifikasi produk halal ke BPJH. Adapun Narasumber pelatihan, yakni dari BPJH, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) BPOM & Sucofindo, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

================================

Beasiswa BAZNAS Dorong Pengembangan SDM Indonesia

Di media sosial, informasi seputar beasiswa dapat ditemui di instagram, twitter dan facebook. Melalui mitra, informasi beasiswa dapat diakses di kampus-kampus yang menjadi mitra Beasiswa Cendekia BAZNAS. Tim lembaga beasiswa BAZNAS (LBB) berbagi informasi lengkap seputar beasiswa BAZNAS bersama World Indonesian Scholarship (WISH) melalui kanal YouTubenya dengan tema Dorong Pengembangan SDM Indonesia dengan Beasiswa BAZNAS. Pada Sharing ini dijelaskan beasiswa apa saja yang ada di LBB, dan bagaimana ketentuannya, seperti persyaratan penerima beasiswa hingga ke proses seleksi. Beasiswa yang ada di BAZNAS dalam proses seleksinya selalu melibatkan pihak ketiga, sehingga dapat dipastikan bahwa peserta yang terpilih adalah mereka yang sesuai dengan persyaratan.

================================

BAZNAS Perkuat Branding Saudagar ZMART melalui Pendampingan Rutin

Kali ini Lembaga Pemberdayaan Ekonomi mustahik (LPEM) BAZNAS melakukan pendampingan melalui branding di beberapa warung saudagar ZMART, salah satunya milik Ibu Nuryati di kp.Tegalparean Sukatani kabupaten Bandung Barat dengan pengecatan, pemasangan plang dan rak display. Proses branding dilakukan bersama Vendor CV Bilhaq. Selain mengembangkan edukasi branding dan promosi, saudagar Zmart terus dihimbau untuk bersama menjaga kebersihan dan kerapihan demi menjaga kepercayaan konsumen, dan dapat mencegah penyebaran Covid-19.

================================

Pendampingan BAZNAS, Tingkatkan Omset Saudagar Zmart

Pendampingan dilaukan di warung zmart Ibu Eneng Rahmawati yang berlokasi di kec.Sukabumi dan di zmart Ibu Lia di kec.Sukaraja Sukabumi. Ibu Eneng mengalami kenaikan Omset mencapai 300% dari semula omset 100.000/hari sekarang sudah mencapai 300.000-400.000/harinya. Hal ini terjadi karena Ibu eneng selalu memahami dan mengamalkan pesan dari pendamping salah satunya untuk selalu berkarya, berinovasi dan terus menurs dilakukan. Peran Pendamping juga sangat berpengaruh dan dibutuhkan pada setiap program bagi mustahik.