BAZNAS NEWS | 9 September 2020

  • Tanggal : 09/09/2020
  • Diposting oleh : Markom

BAZNAS Dorong Pengembangan Usaha Pangan Berbasis Bahan Lokal

Modified cassava flour (Mocaf) merupakan tepung yang berasal dari singkong yang diolah dengan beberapa tahapan hingga menjadi sebuah tepung. Tepung mocaf bisa menjadi alternatif tepung gandum yang saat ini dipasok dari stok impor. Selain itu tepung mocaf juga bisa menjadi sumber karbohidrat berbasis pangan lokal pengganti beras. Saat ini tepung mocaf produksi kelompok 32 sudah memiliki pelanggan tetap dari salah satu universitas di Bogor dan dipasarkan di 10 rumah produksi produk Mocaf di Bogor.

================================

Bentuk Karakter Wirausaha Muda, BAZNAS Bentuk Millenial Preneur

BAZNAS Millennial Preneur merupakan salah satu solusi untuk menyerap tenaga muda milenial sehingga dapat berkontribusi dalam mengurangi angka Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia, khususnya di tengah pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi yang tentu saja menimpa para pelaku usaha. Peserta BAZNAS Millennial Preneur merupakan para wirausaha muda yang berusia 17 sampai 30 tahun dan aktif dibidang wirausaha seperti agribisnis, e-commerce maupun barang hasil produksi rumah tangga yang secara tidak langsung adalah jenis usaha yang mampu bertahan baik pada kondisi normal maupun krisis. Kegiatan BAZNAS Millennial Preneur dibuka oleh Anggota BAZNAS RI Nana Mintarti. Turut hadir juga Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, M. Asrorun Niam Sholeh, menerangkan tentang motivasi bisnis di masa Rasulullah dan mengingatkan kepada seluruh peserta BAZNAS Millennial Preneur  agar selalu menerapkan cara berbisnis ala Rasulullah.

================================

Peternak Binaan BAZNAS Kembangkan Usaha Penjualan Bahan Pakan

Peternak mustahik di Magelang telah melakukan pengemasan sebanyak 1 ton bahan pakan yang dipesan oleh costumer. Bahan pakan yang dijual merupakan pakan sumber serat sebagai penganti pakan hijauan, dimana palatabilitas pakan yang berasal dari kangkung kering ini sangat disukai oleh ternak domba maupun kambing. Penjualan bahan pakan di Balai Ternak BAZNAS Magelang dilakukan dengan sistem retail dimana sebelumnya peternak membeli pakan dengan harga 2000 per Kg kemudian dijual lagi dengan harga 2500 kg, margin penjualan ini yang akan menjadi pendapatan tambahan peternak.

================================

Program Zakat dan Wakaf Dukung Pembangunan Berkelanjutan Indonesia

Hal ini disampaikan dalam Kelas Intensif Literasi Zakat dan Wakaf bagi Penyuluh Agama Islam. Membahas Implementasi Zakat dan Wakaf pada Sustainable Development Goals (SDGs), Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Irfan Syauqi Beik menyampaikan,  melalui Puskas (Pusat Kajian Strategis) BAZNAS telah melakukan kajian Zakat on SDGs untuk melihat peran zakat dalam Sustainable Development Goals untuk pencapaian Maqashid Syariah. Salah satu program BAZNAS yang mendukung pembangunan berkelanjutan adalah program pembangkit listrik di Desa Lubuksangkar Jambi, yang bekerjasama dengan UNDP. Adapun Program wakaf yang juga mendukung SDGs adalah RS Mata Achmad Wardi dan Program Wakaf Uang Kalisa  serta Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS).

================================

Peringati Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, BAZNAS Gelar Edukasi ke Panti Asuhan

Peringatan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional ini dilakukan di tiga panti asuhan yang berada di Kabupaten Bantul yaitu untuk Panti Asuhan Anak Yatim Amanah, Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Dzikro, dan Panti Asuhan Darul Fatihah. Rangkaian acara pada peringatan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional ini diawali dengan pembagian paket sikat gigi dan pasta gigi serta PMT buah jeruk. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyuluhan cara menggosok gigi yang baik dan benar, yang kemudian praktik langsung oleh anak-anak panti, dan pembagian media promkes berupa poster untuk di pasang di masing-masing panti asuhan.

================================

Kesulitan Akses Pendidikan, Relawan BAZNAS Bantu Pendampingan Belajar

Pendidikan yang seharusnya bertatap muka di sekolah kini terpaksa digelar di rumah untuk mencegah penularan covid-19. Relawan Pendidikan BAZNAS ikut serta membantu para siswa ini mendapatkan pendidikan yang maksimal. Tim Relawan Pendidikan BAZNAS wilayah Sukabumi Jawa Barat melaksanakan pendampingan di Kampung Cikaret Rt 04/02 Desa Sasagaran, Kebonpedes Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar, dan diikuti oleh siswa yang terdiri dari jenjang SMP dan jenjang SD dengan mamatuhi standar protokol kesehatan Covid-19.