BAZNAS NEWS | 3 September 2020

  • Tanggal : 04/09/2020
  • Diposting oleh : Markom

BAZNAS Microfinance Kembangkan Layanan Peluang Usaha Mustahik di Masa Pandemi

Microfinance Online Class diselenggarakan via daring disiarkan langsung melalui channel Youtube BAZNAS TV. Dalam pemaparannya Kepala Divisi Pembiayaan Syariah II LPDB KUMKM Ari Permana, menyampaikan tujuan program LPDB-KUMKM adalah membantu perkuatan permodalan koperasi & UMKM dalam bentuk pinjaman/pembiayaan. Sementara itu, Kepala Bidang Literasi dan Penumbuhan KSPPS/USPPS Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI Pristiyanto, juga menyampaikan bagaimana penyaluran bantuan bagi para pelaku usaha mikro. Dalam kesempatan yang sama Kepala Lembaga BAZNAS Microfinance (BMFi) Noor Aziz menyampaikan perlu adanya review permodalan sesuai dengan yang dibutuhkan pada kondisi saat ini, dalam menyikapi kekurangan modal, perlu melihat jenis permodalan yang dibutuhkan.

================================

Tingkatkan Pelayanan, Pendamping Balai Ternak BAZNAS Ikuti Pelatihan Fermentasi Pakan

Pelatihan ini bertajuk “Pembuatan Pakan Fermentasi Tanpa Ngarit Setiap Hari Bahkan Setahun”. Dari pelatihan yang diikuti didapatkan bahwa inovasi penyetokan pakan ternak sangat perlu dilakukan dalam kurun waktu tertentu agar tidak setiap hari mengarit di lahan hijauan. Metode penyetokan pakan dapat dilakukan dengan cara memfermentasikan hijauan hasil aritan kemudian ditambah bahan-bahan tertentu agar mencukupi kebutuhan ternak. Output dari kegiatan fermentasi pakan adalah didapat stok pakan yang cukup dalam kurun waktu tertentu, aman dimakan, dan mencukupi kebutuhan nutrisi ternak.

 ================================

Dukung Penanganan Gizi Buruk, BAZNAS Gelar Seminar Gizi Buruk untuk Ibu

Seminar Gizi kali ini diisi langsung oleh ahli gizi Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta. Materi yang dibahas terdiri dari pola makan anak, masalah makan anak, penyebab anak sulit makan, perilaku makan sehat, aturan makan anak, dan pendekatan praktis pada anak sulit makan. Seminar Gizi kali ini dihadiri oleh tujuh orang ibu yang terdiri dari empat orang ibu dengan anak status gizi baik dan tiga orang ibu dengan anak status gizi kurang yang hampir mendekati status gizi baik. Jumlah peserta yang datang dibatasi mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Dengan adanya kegiatan Seminar Gizi diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran gizi dalam menunjang kesehatan.

 ================================

Sinergi BAZNAS dan Pemerintah Desa Bantu Anak Yatim dan Fakir Miskin di Kampung Zakat

Jamaah yang hadir pada acara kali ini meningkat sekitar 80 orang dari yang sebelumnya hanya sekitar sekitar 40 sampai 50 orang. Dalam acara ini dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti pengajian ayat suci Al-Quran, shalawat bersama, tausiyah, pengumpulan sedekah dari jamaah yang hadir, pemberian satunan dan pembacaan doa. Sinergitas kedua pihak ini juga mengajak masyarakat yang hadir untuk meningkatkan kualitas iman dari tahun sebelumnya.

================================

Semangat Sekolah Cendekia BAZNAS Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

 Siswa Sekolah Cendekia BAZNAS memiliki antusiasi yang tinggi untuk dapat bersaing secara internasional. Sehingga terus bersemangat meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Sejak juli 2020 pun siswa didorong aktif berkomunikasi bahasa Arab dan Inggris. Kegiatan penambahan kosa kata bahasa asing kini rutin diadakan setiap pagi. Siswa diminta untuk melafalkan, menghafalkan dan menirukan kosa kata dengan suara lantang. Program bahasa ini yaitu penambahan mufrodaat atau vocabularies di waktu khusus sebelum kbm (kegiatan belajar mengajar).