Usaha Mustahik BAZNAS Makin Berkembang hingga Beromzet Rp350 Ribu per Hari

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 25/11/2021
  • Usaha Mustahik BAZNAS Makin Berkembang hingga Beromzet Rp350 Ribu per Hari


    Tim BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bukittinggi mengadakan pendampingan usaha sekaligus melaksanakan survei uji kelayakan usaha tahap lanjutan tepatnya di wilayah Kelurahan Kayu Kubu, Bukittinggi, pada Rabu (24/11). Agenda pendampingan kali ini, selain memproses berkas-berkas pembiayaan yang diperlukan, sebanyak delapan mitra mustahik yang tergabung dalam Kelompok Mitra Binaan (KMB) juga dilakukan survei uji kelayakan usaha untuk diberi akses permodalan tahap lanjutan.

    Salah satunya adalah Narti (39), salah seorang mitra mustahik yang bergerak dalam bidang usaha kuliner produksi kacang tujin (makanan ringan berbahan dasar kacang tanah). Narti kini telah memiliki omzet Rp350.000 per hari dengan peroleh laba bersih berkisar Rp100.000 per hari. Sehari-hari ia menitipkan barang dagangannya kepada sejumlah warung untuk dijualkan dengan pembayaran kemudian atau biasa disebut dengan konsinyasi (jual titip).

    Perlahan namun pasti, usaha Narti terus berkembang. Semenjak tahap pertama ia menerima fasilitasi modal usaha dari BMD Bukittinggi, kemudian mendapatkan pembinaan dan pelatihan tentang pengembangan usaha, hingga saat ini penjualan kacang Narti sudah semakin tersebar dengan konsinyasi kepada sejumlah warung di 32 titik, yang pada awalnya dimulai dengan penitipan ke sejumlah warung yang berada 15 titik.

    Merasakan pertumbuhan yang relatif signifikan, kini ia mengajukan pembiayaan tahap kedua kepada BMD Bukittinggi guna keperluan pengembangan usaha dan penambahan modal untuk pembelian bahan baku.

    BMD Bukittinggi merupakan salah satu program pembiayaan ekonomi yang diinisiasi BAZNAS untuk memberdayakan pelaku usaha mikro melalui kemudahan akses permodalan tanpa bunga. Selain memfasilitasi kemudahan akses permodalan, BMD Bukittinggi juga aktif dalam mendampingi pengembangan usaha mitra mustahik melalui pendampingan, pelatihan, fasilitasi branding dan pemasaran, dan pengembangan lainnya.

    #BAZNAS
    #GerakanCintaZakat
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance
    #BMDBukittinggi

>
BAYAR ZAKAT