Upaya BAZNAS Berdayakan Pelaku UMKM Melalui Program Dapur Kuliner Nusantara di Bogor

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 25/11/2021
  • Upaya BAZNAS Berdayakan Pelaku UMKM Melalui Program Dapur Kuliner Nusantara di Bogor


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus berupaya menjaga geliat perekonomian pelaku UMKM, dengan memberdayakan pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor kuliner dalam program Dapur Kuliner Nusantara (DKN) di wilayah Bojongrangkas, Kabupaten Bogor yang berlangsung pada 20-25 November 2021.

    Program DKN melibatkan warung makan yang omzetnya terdampak pandemi untuk memproduksi paket makanan yang didistribusikan kepada penerima manfaat yang membutuhkan. Kegiatan produksi, distribusi, dan penyerahan paket nasi boks dari 9 mitra produksi untuk disalurkan ke 4 titik salur pondok pesantren dan 2 panti asuhan sebanyak 385 porsi makan sore/malam , dengan melibatkan enam tenaga relawan Cash for Work (CFW), pada Rabu (24/11).

    Seluruh warung yang dilibatkan sebagai mitra produksi mengalami kondisi usaha yang kian lesu semenjak masa pandemi. Beliau adalah Eko Darsono, pemilik Warung Rakjat di Cibanteng, Bogor, salah seorang pelaku usaha kuliner yang dilibatkan menjadi mitra produksi. Awalnya ia memiliki omzet sebesar Rp800.000 per hari namun semenjak pandemi menurun drastis hingga Rp400.000 per hari.

    Harapannya, kegiatan produksi dan distribusi hidangan DKN ini, dapat meningkatkan omzet dan menguatkan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan.

    Dapur Kuliner Nusantara (DKN) merupakan program pendayagunaan BAZNAS untuk penguatan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan dalam jumlah tertentu. Nantinya didistribusikan kepada para terdampak COVID-19, antara lain pasien isoman, tenaga kesehatan (nakes), masyarakat rentan, para santri pondok pesantren, dan masyarakat lainnya yang terdampak.

    Seluruh rangkaian proses pelaksanaan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan tidak menimbulkan kerumunan, selain itu tenaga-tenaga yang dilibatkan mulai dari mitra produksi, relawan CFW, dan seluruh tim yang bertugas dalam pendistribusian hidangan juga memenuhi asesmen kesehatan sebelum menjalankan kegiatan program.

    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance

>
BAYAR ZAKAT