Ucap Syukur Petani Binaan BAZNAS Atas Hasil Panen Padi di Karanganyar

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 01/10/2021
  • Ucap Syukur Petani Binaan BAZNAS Atas Hasil Panen Padi di Karanganyar


    Kelompok Tani Colomandu binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, telah berhasil melaksanakan musim panen kedua dengan peningkatan hasil panen dengan total 54.129 kg GKP (Gabah Kering Giling).

    Kelompok tani Colomandu merupakan kelompok tani hasil kerja sama antara BAZNAS dan Qomunitas Petani Satu (QTA1) dengan total 33 petani menggunakan varietas beras aromatik dan menthik wangi, dengan mengedepankan sistem budi daya semi organik dan perlakuan organik.

    Kolaborasi antara BAZNAS sebagai penyalur bantuan modal pengembangan usaha dan QTA1 sebagai mitra pendampingan rutin, pemberian materi tentang penggunaan pupuk organik, penanaman yang dilakukan sesuai SOP dan melakukan persiapan panen.

    Selama 10 bulan berjalannya program, telah dilaksanakan dua kali masa panen dengan hasil yang memuaskan, di mana hasil panen kedua jauh lebih tinggi sebanyak 54.129 kg GKP di mana panen pertama hanya mendapatkan 46.074 kg GKP.

    Musim panen yang bertepatan pada bulan September menjadi puncak dari musim kemarau di Indonesia. Musim inilah, tanaman padi mendapat banyak sinar matahari yang membantu tanaman padi lebih cepat matang.

    Sukadi Jangkung (35) salah satu anggota kelompok tani mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil panen pertama dan kedua, ia juga mengungkapkan selama masa pendampingan ia telah mengaplikasikan SOP penanaman dan pemupukan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kascing dan seresah, plus urea/NPK untuk adjuster/booster.

    Dengan penerapan SOP pemupukan dari QTA 1 di musim taman ke 3 ini, para petani sudah merasakan dampak yang positif. Bulir yang makin berisi, tanaman yang lebih cepat matang dan waktu untuk pemaneman jadi lebih singkat. Dari 120 HST (hari setelah tanam) menjadi 100 HST

    Petani berharap, dengan adanya program Lumbung Pangan BAZNAS – QTA 1 di Kabupaten Karanganyar, dapat mengubah perekonomian keluarga Sukadi Jangkung menjadi lebih baik lagi.

>
BAYAR ZAKAT