Syukuri Hasil Panen, Peternak Binaan BAZNAS Berinfaq ke BAZNAS Kabupaten Kebumen

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 21/03/2022
  • Syukuri Hasil Panen, Peternak Binaan BAZNAS Berinfaq ke BAZNAS Kabupaten Kebumen


    Sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen, Sigit Sugito peternak ayam broiler binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyetorkan infaq senilai Rp200.000 kepada BAZNAS Kabupaten Kebumen (14/03/2022). Sigit merupakan salah satu dari anggota Kelompok Abbasy Farm program Balai Ternak BAZNAS Kelompok Unggas Kabupaten Kebumen.

    Sigit melakukan panen pada 14 Februari lalu. Dengan jumlah populasi ayam broiler sebanyak 2.200 ekor, Sigit mampu memperoleh laba bersih senilai Rp7.390.000,00. “Semoga hasil panen periode selanjutnya dapat lebih baik sehingga saya bisa rutin berinfaq ke BAZNAS," ujar Sigit.

    Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Kebumen sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Sigit dan berharap hal ini dicontoh oleh anggota kelompok lain. "Alhamdulillah semoga kegiatan berinfaq ini menjadi sebuah rutinitas, menjadi motivasi anggota lain dan menjadi salah satu sebab dilancarkannya hasil panen para peternak," ucap Rudi disela aktivitas menyetorkan bukti penyetoran infaq yang dirilis BAZNAS Kabupaten Kebumen kepada Sigit.

    Rudi menambahkan, performa pemeliharaan ayam Sigit masih harus lebih dimaksimalkan. Hasil panen lalu menunjukan tingkat kematian di angka 7,02 persen, angka konversi pakan senilai 1,67, dan indeks performance (IP) senilai 339.

    Sebagai informasi, Kelompok Abbasy Farm terbentuk pada November 2021. Jumlah peternak yang tergabung sebanyak 12 orang dengan total kapasitas kandang sebanyak 37.300 ekor ayam broiler. Peternak-peternak ini tersebar di 9 Kecamatan di seluruh Kabupaten Kebumen, yaitu Kecamatan Puring, Karangsambung, Mirit, Alian, Buluspesantren, Sadang, Petanahan, Poncowarno, dan Adimulyo.

>
BAYAR ZAKAT